Usai Menjalani Pemeriksaan, Kepala Koperasi Singara Ditetapkan Tersangka Korupsi

20 Juni 2017 13:42
Kepala Koperasi Singara, berinisial RP sejak kemarin telah menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (19/6/2017).( afri/inikata)

GOWA, INIKATA.com – Kepala Koperasi Singara, berinisial RP sejak kemarin telah menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (19/6/2017).

Usai menjalani pemeriksaan, dirinya pun ditetapkan sebagai tersangka.

RP ditetapkan sebagai tersangka korupsi sebesar Rp7 Milyar rupiah dalam kasus penyalagunaan dana yang disalurkan ke Koperasi Singara bersumber dari Kementrian Koperasi pada tahun 2013 lalu.

“Ya, kemarin sudah kita lakukan pemeriksaan, usai menjalani pemeriksaan RP kita tetapkan selaku tersangka kasus korupsi 7 Milyar,” kata Kajari Gowa, Susanto, SH. MH, Selasa (20/6/2017).

Susanto menambahkan, pihaknya juga selama ini telah memeriksa beberapa saksi-saksi terkait korupsi dilakukan tersangka.

Selain itu, pihanya juga menyita beberapa dokumen sehingga Kejari Gowa mendapatkan titik terang alat bukti menjerat PR selaku tersangka.

Lebih lanjut, kata Susanto, penyidik Kejari Gowa juga menyita uang tunai senilai Rp320 juta merupakan hasil kejahatan dari penyalahgunaan dana Koperasi Singara. Uang tersebut sebenarnya di peruntuhkan kepada nasabah. Namun, tersangka menggunakan dana itu demi keperluan pribadi.

Sementara, juru bicara Penasehat hukum Tersangka, Ilham Azis mengatakan, pihaknya terlebih dahulu mempelajari lebih jauh berkas perkara PR, dimana kliennya tersebut sedang di proses oleh Penyidik Kejaksaan Negeri Gowa.

“Kami akan melakukan upaya-upaya hukum untuk membela hak-hak klien kami, kami juga rencanakan akan mengajukan penangguhan penahanan terhadap klien kami, selanjutnya kita tunggu perkembangannya,” jelasnya.(**)