HKI Gandeng Dinkes dan Disdik Palopo Cegah Kebutaan Anak

20 Juni 2017 11:36
District Officer HKI, Sulaiman saat mendampingi peserta pelatihan dalam kunjungan lapangan ke Children Eye Care Centre di RS Pendidikan UNHAS Makassar.(foto:ist)

PALOPO,INIKATA.com – Helen Keller International (HKI) pekan lalu menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palopo dalam melakukan sosialisasi skrining tajam penglihatan mata anak bagi kepala puskesmas dan kepala sekolah menengah pertama (SMP) se-Kota Palopo.

Sosialisasi tersebut bertujuan dalam membangun komitmen dan dukungan Dinkes dan Disdik pada pencegahan kebutaan mata anak.

District Officer HKI wilayah Palopo, Sulaiman Mamma, saat dikonfirmasi menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini merupakan tindaklanjut pelatihan district trainer (DT) tingkat Provinsi yang dilaksanakan pada bulan Mei 2017 lalu di Makassar.

Saat ini Palopo memiliki 2 orang DT, yang akan melakukan pelatihan secara berjenjang juga kepada perawat dan bidan puskesmas, guru penanggungjawab unit kesehatan sekolah (UKS), dan kader posyandu.

“Skema pelatihan kita nantinya yaitu, masing-masing puskesmas akan dilatih 3 orang yang terdiri dari perawat indra, perawat penanggungjawab UKS dan bidan. Sedangkan guru SMP juga, akan dilatih sebanyak 3 orang persekolah yang merupakan guru penanggungjawab UKS,” ungkap Suju, sapaan akrab Sulaiman.

Secara teknis, Pelatihan berbasis puskesmas tersebut akan dilakukan dalam 2 cluster berdasarkan letak geografis dan jumlah DT, sedangkan untuk guru-guru UKS akan dibagi 4-5 cluster.

“Jadwal pelatihan tersebut telah disepakati mulai pekan kedua Juli 2017 ditingkat puskesmas kemudian dilanjutkan bagi guru-guru UKS dan kader posyandu,” tambahnya.

Pelatihan skrining yang akan dikembangkan ada tiga yaitu; skrining penglihatan anak oleh perawat puskesmas, skrining tajam penglihatan oleh guru UKS, dan skrining pupil putih oleh kader posyandu.(**)