Tak Miliki Izin, Kapal Muatan Lobster Diamankan Polisi Air Sinjai

13 Juni 2017 16:22
Tak Miliki Ijin, Kapal Muatan Lobster Di Amankan PolAir Polres Sinjai

MAKASSAR, INIKATA.com – Unit Patroli Satuan Polisi Air (PolAir) Polres Sinjai yang dipimpin oleh Kasat Polisi Air Ajun Komisaris Polisi (AKP) Armin Sukma, telah mengamankan sebuah Kapal lambung Naga Laut. GT 13 yang memuat dan membongkar lobster dari Kabupaten Selayar tujuan dari Kabupaten Sinjai, Selasa (13/6/2017).

Kapal tersebut diketahui tidak dilengkapi dengan dokumen karantina hewan baik dari kabupaten Selayar maupun dari Kabupaten Sinjai. Satuan PolAir Polres Sinjai melakukan upaya penegakan hukum terhadap nahkoda kapal bernama Jumadi (32) leang- leang, Kabupaten Sinjai.

” Dari hasil pengecekan / pemeriksaan dokumen yang dilakukan Sat PolAir Polres sinjai bahwa Kapal lambung Naga Laut. GT 13, yang memuat lopster tanpa dilengkapi ijin karantina hewan,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol. Dicky Sondani.

Dalam kasus tersebut telah melanggar pasal 323 (1) jo pasal 219 (1) UU Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, dan Pasal 31 (1) UU Nomor 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan tumbuhan.(**)