Dinkes Bone Bangun Komitmen dengan PKM Cegah Kebutaan Anak

11 Juni 2017 19:43
Kabid P2P Dinkes Bone memaparkan materi pengantar kebutaan mata anak di ruang pertemuan dinas kesehatan Kabupaten Bone.(foto:ist)

MAKASSAR,INIKATA.com -Dinas Kesehatan Kabupaten Bone menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Kepala Puskesmas (PKM) se-Kabupaten Bone dalam mengevaluasi dan merencanakan program yang akan dilaksanakan kedepannya.

Upaya membangun komitmen dengan seluruh kepala puskesmas dalam pencegahan dan konsekuensi kebutaan pada anak menjadi salah satu agenda dalam rakor tersebut. Rakor tersebut digelar di ruang pertemuan dinas kesehatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Bone, dr. Yusuf, sekaligus salah satu District Trainer (DT) Helen Keller International (HKI), saat memaparkan materi pengantar kebutaan mata anak, mengatakan,  keberadaan HKI sangat membantu dalam penanggulangan kebutaan mata anak.

HKI akan melakukan pelatihan skrining tajam penglihatan bagi perawat dan bidan di PKM serta guru UKS dan kader posyandu.

“Jumlah PKM di Bone itu, ada 38, perawat dan bidannya akan kami latih semua. Meskipun HKI hanya mengcover 28 Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun kami berkomitmen untuk melakukan skrining untuk semua sekolah,” tegas Yusuf.

Helen Keller International (HKI) telah melakukan pelatihan peningkatan kapasitas pemateri kabupaten/kota tentang kesehatan mata anak, 3 pekan lalu selama empat hari di tingkat provinsi untuk enam kabupaten/kota, termasuk Bone.

Kabupaten Bone sendiri merekomendasikan tujuh orang mengikuti pelatihan tersebut sampai tuntas.(***)