Tipu Pedagang, Wanita asal Gowa Diamankan Polisi Maros

11 Juni 2017 16:22
Tipu Pedagang, wanita asal Gowa Diamankan Polisi di Maros

MAROS INIKATA.com – Seorang warga Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Syamsiah (32) diamankan oleh Petugas kepolisian sektor Tanralili, lantaran tertangkap tangan mencuri dan menipu sejumlah pedagan di pasar Ammarang, Kecamatan Tanralili, Maros, Minggu (11/6/2017).

Kasus ini bermula, saat pelaku ngotot meminta uang kembalian setelah ia memberikan uang sebesar Rp100 ribu kepada seorang pedagang tempat ia membeli sebuah barang seharga sepuluh ribu rupiah. Pedagang yang tidak mau bertengkar saat itu, terpaksa memberikan uang kepada pelaku sebesar Rp90 ribu.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolsek Tanralili, Iptu Rusli saat dijumpai di kantornya. Ia menambahkan, tidak hanya menipu, pelaku juga membawa lari satu jerigen lima liter berisi minyak goreng milik salah seorang pedagang di pasar tersebut.

“Korban yanh dibawa lari minyaknya ini, tidak sempat mengejar karena lagi ramai pembelinya. Dia hanya berteriak, dan akhirnya pelaku ini ditangkap oleh warga disana. Untung anggota kami cepat datang karena nyaris dipukuli sama warga,” katanya.

Selanjutnya, Rusli mengatakan, akibat perbuatan pelaku ini, ada empat orang korban yang telah melapor. Modusnya rata-rata sama, yakni berpura-pura jadi pembeli dan membawa lari barang saat penjualnya lengah. “Wanita ini sudah kami amankan dan sedang kami mintai keterangan,” lanjutnya.

Rusli menambahkan, pihaknya kini mendalami keterlibatan orang lain selain pelaku. Pasalnya, kejadian serupa sudah pernah dialami oleh beberapa pedagang pasar di wilayah Tanralili. Ia menduga, pelaku ini memiliki jaringan yang memang telah lama beroperasi di beberapa pasar di wilayah Maros.

“Kami masih melakukan pengembangan, karena kami menduga pelaku ini tidak bekerja sendirian disini. Bukan kali ini saja kejadian seperti ini terjadi, makanya kami menganggap ini hanya modus yang dilakukan oleh para pelaku,” pungkasny