Bulan Ramadan, Israel Kembali Tembak Mati Warga Palestina di Gaza

10 Juni 2017 9:08
Ilustrasi.(Foto:IST)

INIKATA.com– Di bulan suci umat Islam, Bulan Ramadan, Pasukan Israel kembali melepaskan tembakan ke arah orang-orang Palestina yang melakukan demonstrasi di bagian utara Jalur Gaza, insiden itu menewaskan seorang pemuda.

“Aeid Jumaa, 35, tewas dan enam orang Palestina lainnya terluka dalam bentrokan di sepanjang perbatasan Gaza (dengan Israel) di utara Jabalia,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qidra seperti di kutip dari PressTv, Sabtu (10/6/2017).

Sementara, Gerakan perlawanan Jihad Islam Palestina mengatakan, bahwa Jumaa adalah salah satu anggota dari organisasi tersebut dan saat ini masih berusia 22 tahun.

Aksi demontrasi sendiri yang dilakukan warga Palestina di Jalur Gaza sebagi bentuk untuk mengecam blokade Israel yang sudah sejak 2007 lalu dilakukan diwilayah itu.

Blokade tersebut telah menyebabkan penurunan standar hidup serta tingkat pengangguran dan kemiskinan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi warga Palestina.

Dalam blokade itu, Rezim Tel Aviv telah mencoba mengubah susunan demografis Yerusalem al-Quds selama beberapa dekade terakhir dengan membangun permukiman, menghancurkan situs-situs bersejarah dan mengusir penduduk Palestina setempat.

Orang-orang Palestina mengatakan bahwa tindakan Israel ditujukan untuk membuka jalan bagi Yudaisasi. Apalagi Masjid al-Aqsha juga merupakan situs suci bagi orang Yahudi. Masjid tersebut merupakan situs tersuci ketiga Islam setelah Mekah dan Madinah di Arab Saudi.(**)