Ciptakan Suasana Kondusif Selama Ramadhan, Camat Bacukiki Parepare Gelar Rakor

2 Juni 2017 13:47
Dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi yang aman, nyaman, dan tentram dalam kegiatan peribadatan maupun amaliah pada bulan suci ramadhan di masjid dan lingkungan warga, Camat Bacukiki Kota Parepare, HM Iskandar Nusu, menggelar rapat koordinasi, di Aula Kantor Kecamatan Bacukiki, Jumat (2/6/2017).(kalma/inikata)

PAREPARE,INIKATA.com – Dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi yang aman, nyaman, dan tentram dalam kegiatan peribadatan maupun amaliah pada bulan suci ramadhan di masjid dan lingkungan warga, Camat Bacukiki Kota Parepare, HM Iskandar Nusu, menggelar rapat koordinasi, di Aula Kantor Kecamatan Bacukiki, Jumat (2/6/2017).

Rapat koordinasi itu diikuti para unsur terkait pada wilayah Bacukiki yaitu Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, para lurah yang berada diwilayah Bacukiki, para Babinsa dan Babinkantibmas serta para ketua pengurus masjid se-Kecamatan Bacukiki.

Iskandar mengungkapkan Rakor yang dilaksanakan ini sebagai bentuk sinergitas dan kepedulian Pemerintah Kota khususnya ditingkat Kecamatan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban selama bulan suci ramadhan.

“Kami inginkan koordinasi para unsur terkait diwilayah kecamatan Bacukiki ini tetap diperkuat, sehingga memang perlu diadakan rapat koordinasi seperti ini. Tidak hanya itu, rakor ini juga untuk menyamakan persepsi kita dalam mengatasi hal – hal yang tidak diinginkan yang terjadi di wilayah kecamatan kita,” kata Iskandar.

Menurutnya, keamanan dan ketertiban adalah hal wajib yang harus diciptakan oleh Pemerintah dan khusus pada wilayah kecamatan Bacukiki selama bulan suci ramadhan ini relatif cukup aman. Terbukti, sampai pada hari ketujuh bulan suci ramadhan ini tidak terdapat hal – hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di wilayah Bacukiki.

“Beberapa hari ini saya turun memantau pelaksanaan shalat taraweh di mesjid – mesjid pada wilayah kecamatan Bacukiki, walaupun tidak semua mesjid yang sempat kami pantau tapi alhamdulillah semua aman dan terkendali. Termasuk anak – anak yang biasanya bermain petasan sudah mulai berkurang,” bebernya.

Situasi yang kondusif ini kata Iskandar, berkat dukungan semua unsur terkait termasuk didalamnya para aparat keamanan dan tokoh keagamaan guna mewujudkan Bacukiki yang aman dan tentram.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para aparat keamanan yang telah menertibkan pelaksanaan shalat tarawih, ini untuk meminimalisir kejadian – kejadian yang tidak diharapkan. Jangan lengah, kalau perlu ditingkatkan dan kita tetap harus waspada serta tetap dekat dengan masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, aparat keamanan wilayah Kecamatan Bacukiki yang diwakili Danramil, Abd Hakim juga menghimbau kepada masyarakat kecamatan Bacukiki untuk segera melaporkan kepada aparat keamanan jika ada kegiatan – kegiatan yang berpotensi menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Masyarakat adalah informasi terdepan, mereka adalah mata dan telinga kami. Sebaik apapun pengamanan yang kami lakukan tapi kalau tidak didukung oleh masyarakat maka tidak akan ada artinya juga,” ujarnya.

Lain halnya, Kapolsek Bacukiki yang mengharapkan agar masyarakat khususnya di Kecamatan Bacukiki untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu – isu yang beredar dimasyarakat.

“Kita harapkan Bacukiki tetap aman bahkan kalau perlu keamanannya kita tingkatkan lagi. Jangan mudah terprovokasi dan menjadi provokator dilingkungannya yang dapat menimbulkan gejolak dimasyarakat,” tandasnya.(**)