RMS : Jadikan Pancasila Sebagai Sarana Pemersatu

1 Juni 2017 22:07
Bupati Sidrap Rusdi Masse (RMS)

SIDRAP, INIKATA.com – Momen peringatan hari lahirnya Pancasila ke 72 tahun ini yang diperingati diseluruh Indonesia setiap 1 Juni, sebaiknya dijadikan sebagai sarana pemersatu bangsa.

Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir ini, terjadi sejumlah masalah yang mengarah kepada perpecahan antara suku, agama ras dan budaya, sehingga sari pati yang tertuang dalam setiap sila Pancasila seakan tidak lagi dapat diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Bupati Sidrap, Rusdi Masse, (RMS) yang ditemui di Pangkajene, Sidrap, Kamis (1/6/2017), mengharapkan agar dasar negara Pancasila, harus ditanamkan sejak dini, khususnya dibangku pendidikan yang dimulai dari tingkat SD.

Menurutnya, munculnya sejumlah aksi kekerasan yang mengarah ke perpecahan antar masyarakat, merupakan satu indikasi kalau penghayatan dan pengamalan Pancasila, terkesan sudah mulai terabaikan dengan melupakan jerih payah para pahlawan kita dalam merumuskannya sebagai satu dasar negara.

“Momen hari lahirnya Pancasila ini, sebaiknya menjadi momen perenungan dan introsfeksi diri dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara yang masalahnya semakin kompleks, sehingga setiap langkah yang kita hadapi harus sesuai dengan makna yang terkandung dalam Pancasila,” pinta RMS. (**)