Bro Rivai: Keberagaman Itu Kekuatan Kita

1 Juni 2017 19:20
Abdul Rivai Ras

MAKASSAR, INIKATA.com – Bakal Calon Gubernur Sulsel Abdul Rivai Ras (Bro Rivai) mengimbau masyarakat Sulsel untuk kembali pada spirit pancasila, yakni Bhinneka Tunggal Ika, dalam memandang meruncingnya gesekan perbedaan yang muncul beberapa waktu belakangan ini.

Alumni Pondok Pesantren IMMIM Putra ini mengingatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia telah survive selama 72 tahun karena meyakini keberagaman sebagai spirit pemersatu bangsa. Jangan sampai spirit itu hilang hanya karena persoalan kepentingan segelintir orang.

“Keberagaman itu adalah kekuatan kita. ‎Beragamnya bahasa lokal, suku, agama, tradisi dari Sabang sampai Merauke adalah kekayaan budaya Indonesia. Bukan kelemahan kita,” tandas pendiri Universitas Pertahanan ini, Kamis (1/6/2017),

Nilai-nilai pancasila, lanjutnya, tercermin dalam keseharian masyarakat Islam di bulan ram‎adan. Menehan diri dari sikap ghibah, ujub, takabur, dan perbuatan tercela lainnya adalah ajaran Islam yang diadopsi ke dalam nilai-nilai luhur pancasila oleh para pendiri bangsa.

“Olehnya tidak benar bila ada yang mengatakan bahwa pancasila itu bertentangan dengan ajaran Islam.‎ Justru pancasila dilahirkan oleh para alim ulama pendiri bangsa ini,” tegasnya.

‎Dosen Pascasarjana Universitas Indonesia ini berharap marwah pancasila tidak berhenti pada sebatas peringatan saja. Esensi utama dari pancasila adalah bagaimana mengentaskan kemiskinan, mensejahterahkan masyarakat, serta merangkul daerah-daerah yang tertinggal.(**)