Beribadah di Masjid Ini Seakan di Mekkah

31 Mei 2017 17:08
Masjid Besar Syura di jalan Arif Rahman Hakim, Ujung Pandang Baru, Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi daya tarik tersendiri bagi para jemaah yang hendak beribadah. (yudha/inikata)

MAKASSAR, INIKATA.com – Masjid kerap kali dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata religi di bulan suci ramadan.

Masjid besar Syura berbentuk kabbah di bilanga jalan Arif Rahman Hakim, Ujung Pandang Baru, Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) bisa menjadi alternatif bagi para jemaah yang hendak beribadah.

Masjid Besar Syura dibangun secara khusus. Bangunan eksterior dan interiornya juga seakan membawa para jemaah yang melintas berada dalam suasana di tanah suci Mekkah.

” Kalau berada di masjid ini rasanya tenang, seperti merasakan ada di tanah suci. Alhamdulillah sekali dengan adanya masjid ini. Tidak hanya jadi tempat ibadah kadang-kadang kalau orang lelah bisa juga beristirahat di sini karena Alhamdulillah dilengkapi fasilitas AC yang bikin adem, rasanya seperti di hotel mewah juga,”kata Hajjah Wulan Hafid, kepada penulis Rabu, 31 Mei 2017.

MEsjid mirip hotel 1Sementara, pengurus masjid Haji Taju menambahkan, sebenarnya nama Masjid ini dikenal dengan Masjid Besar Syura yang berarti dengan musyawarah. Bangunan masjid yang terletak di bibir jalan tersebut menjadikan daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang hendak berwisata religi.

MEsjid mirip hotel 2Daya tampung masjid ini pun berkapasitas 1300 orang. Apalagi di bulan ramadan , jamaah akan memenuhi ruang mesjid.

Selain itu, tepatnya di sisi atas masjid tersebut terdapat ruang rapat bagi para pengurus masjid,” Kebetulan ruangan kabbahnya kosong jadi dikemas untuk ruangan bermusyawarah,”katanya.

Lanjutnya, ada juga sebagian orang menyebutnya dengan Masjid Kabbah. Lantaran replika bangunan kabbah dalamnya hampir sama persis dengan bangunan kabbah.

Warga dan sebagian pengendara yang menlintas berbondong-bondong mengarah ke masjid untuk menunaikan Ibadah Salat Duhur.

“Masjid tersebut digagas oleh Andi Mustaman dan dirancang sendiri oleh Muhammad Akbar yang merupakan seorang arsitek sekaligus anaknya sendiri. Selain itu, Masjid Kabbah yang satunya terletak di Jalan Paccinang Raya Tello Baru Kota Makassar yang dikenal dengan Alfatih Al Anshar,”jelasnya.

Keunikan Masjid ini tidak hanya terlihat dari luar. Namun Masjid yang berdiri sejak tahun 1980 tersebut telah direnovasi sejak 2015 lalu dan memiliki interior dalam yang dipenuhi kaligrafi. Di bagian dalam masjid juga terdapat bulatan bertuliskan Lafadz Allah.

Di bulan Ramadhan seperti saat ini, banyak warga yang memilih beribadah di Masjid ini. Selain unik, saat beribadah di Masjid Kakbah seakan sedang beribadah di Masjid di Mekkah.

” Masjid dengan interior Kabah ini dibangun karena pemilik yayasan Syura terinspirasi saat beribadah di masjidil haram, yang di tengahnya ada Kabbah. Beliau ingin selalu merasakan apa yang dirasakan saat beribadah di masjid itu sehingga dibangunlah sebuah masjid dengan tambahan bangunan kabah itu,”tukasnya. (**)