Modus Pengganda Uang, HH Perdayai Korban hingga Ratusan Juta Rupiah di Bantaeng

27 Mei 2017 1:18
HH pelaku penggandaan uang di Bantaeng berhasil diringkus pihak kepolisian.

MAKASSAR, INIKATA.com – Aksi penipuan dan penggandaan uang terhadap empat warga Kabupaten Banteang kembali terjadi. Bahkan aksi penggandaan uang tersebut menyerupai dengan “Dimas Kanjeng” Jawa Timur (Jatim).

Diketahui tersangka berinisial HH (39), tersangka sudah meraup untung senilai Rp191 juta dari empat korban, modus dijalankan HH pun sangat mulus, ia hanya meminta uang dari para korbannya itu dengan alasan akan melipat gandakan.

Akan tetapi kelakuannya itu tidak berjalan mulus, ketika empat korbannya melaporkan HH di Mapolres Banteang beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, menyebutkan tersangka tertangkap di kota Makassar tepatnya disebuah indokost, Jalan Gunung Batu Putih, Kecamatan Makassar. Sebelumnya dilakukan penyelidikan terkait pelaporan empat korban.

“Setelah diselidiki, anggota Polres menerima informasi bahwa tersangka berada di Makassar sebuah kost. Anggota pun langsung bergegas ke Makassar dan melakukan penangkapan, akan tetapi hasilnya tersangka tidak berada di lokasi,” ujar Kombes Pol Dicky Sondani, Sabtu (26/5/2017).

Tak mau ketinggalan jejak, langkah yang ditempuh para anggota Polres Bantaeng dengan cara menunggu tersangka datang kembali indekost dimaksud. Akhirnya, tersangka kembali dan langsung dilakukan penyergapan.

“Tersangka baru bisa diamankan setelah beberapa personel menunggu kedatangnya. HH juga saat diamankan memperlihatkan sikap kooperatifnya,” jelas Dicky Sondani.

Lebih lanjut, Dicky Sondani, menambahkan jika perbuatan tersangka hanyalah modus belaka berpura-pura sebagai pengganda uang. “Itu hanya modus HH untuk memperdayai para korbannya saja,” tutupnya. (**)