Laziz PLN UPT Sulselrabar-Dompet Dhuafa Gelar Sunatan Massal

26 Mei 2017 10:39
Lazis PLN UPT Sulselrabar menggandeng Dompet Dhuafa Sulsel menggelar Sunatan Massal Dhuafa di Kantor PLN UPT Sulselrabar Jl Bonto Ramba No.9 ,Makassar, Sulawesi Selatan.(ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Lazis PLN UPT Sulselrabar menggandeng Dompet Dhuafa Sulsel menggelar Sunatan Massal Dhuafa di Kantor PLN UPT Sulselrabar Jl Bonto Ramba No.9 ,Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebanyak 45 anak yatim dan dhuafa yang mengikuti sunnatan massal berasal dari berbagai wilayah di Kota Makassar.

Ketua Lazis PLN UPT Sulselrabar, H Sunu Suharto mengatakan, Sunatan Massal Dhuafa diikuti 45 Orang.

Selain sunatan massal juga dirangkaian dengan penyaluran dana lazis lainnya. Dana lazis tersebut akan digunakan untuk membantu yatim Dhuafa khususnya dalam sunat massal dhuafa dan program lainnya yang disalurkan.

Selain itu, kegiatan Sunat Massal Dhuafa ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian PLN kepada kaum dhuafa. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan silaturahmi antara PLN dengan masyarakat.

Manager PT PLN UPT Sulselrabar, Rahmat mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini berasal dari dana zakat maupun sedekah yang dikumpulkan dari Lazis PLN UPT Sulselrabar dari gaji karyawan yang dipotong otomatis sebagai zakat penghasilan dari gaji bulanan, kemudian dikumpulkan melalui Lazis PLN UPT Sulselrabar dan menyalurkan bantuan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Sulsel melalui Program Sunat Massal Dhuafa, Program Rumah Produksi, dan Program Bedah Rumah. Hal ini sebagai bentuk kepedulian PLN kepada kaum dhuafa.

Kata Rahmat, PLN tidak hanya berkaitan dengan kelistrikan saja melainkan PLN juga berkaitan dengan kepedulian masyarakat yang kurang mampu atau dhuafa yang disebut dengan PLN Peduli.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel, Andriansyah mengatakan bahwa program-program Dompet Dhuafa mengelola dana zakat menjadi lebih bermanfaat melalui pelayanan kebutuhan dasar dhuafa seperti kesehatan, pendidikan, sosial dan pemberdayaan ekonomi.

Seperti yang dilihat dalam program sunat massal dhuafa ini merupakan salah satu kegiatan program kesehatan dompet dhuafa, bahkan hingga saat ini pihaknya memiliki layanan kesehatan cuma-cuma (LKC) bagi kaum dhuafa yang bertempat di Kantor Dompet Dhuafa Sulsel.

“Melalui Sunat Massal Dhuafa akan membantu meringankan beban kewajiban khitan yang biayanya bisa dibilang tak sedikit dan tentunya melaksanakan kewajiban sebagai anak laki-laki muslim melalui sunat atau khitan,”katanya.

Ia menyebutkan, Dana zakat yang disalurkan yang berasal dari zakat karyawan PLN kemudian disalurkan melalui Dompet Dhuafa Sulsel dengan total dana zakat Rp 177.103.810 juta dengan rincian program yang terdiri dari Program Sunat Massal Dhuafa sebanyak Rp 27.550.000, Program Ekonomi Gerobak Usaha Mandiri Rumah Produksi sebanyak Rp 60.000.000, dan Program Bedah Rumah Rp. 89.533.810.(***)