Jelang Ramadhan, Walikota Parepare Sidak Harga Kebutuhan Pokok

25 Mei 2017 11:46
Walikota Parepare Taufan Pawe saat melakukan sidak harga kebutuhan pokok. (Foto: Kalmasyari/Inikata.com)

PAREPARE. INIKATA.com – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe melakukan sidak di pasar Lakessi Kota Parepare, Kamis (25/5/2017)

“Hari ini saya dan jajaran saya, kami turun memantau langsung melihat situasi dan keadaan ketersediaan pangan, jelang ramadhan, karena biarpun bagaimana kita harus memahami, bahwa Parepare bisa dikatakan jadi percontohan untuk kemampuan pemerintah daerah mengendalikan laju inflasi. Inflasi kita per April kemrin dibawah 0,%,”jelas Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Pemerintah Daerah Parepare, kata dia, harus punya sikap tanggap memantau ketersediaan sembilan kebutuhan pokok.

“Setelah saya melihat data dan kondisi harga di pasar, masih sangat-sangat terkendali, kalau ini bisa dijaga dalam proses bulan suci ramadhan, maka tingkat inflasi kita di Parepare bisa dibawah 3%,”papar Taufan.

Melalui sidak itu juga, Taufan menguraikan bahan pokok yang bakal mengalani kenaikan harga.

“Yang berpotensi mengalami kenaikan, daging sapi, ayam potong dan telur, namun sampai saat ini harga masih sangat terkendali,”urai Taufan.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare Amir Sabbi menjelaskan, tujuan Sidak harga bahan pokok itu adalah untuk mengetahui tentang kestabilan harga, dan jumlah pasokan barang atau pendistribusian barang yang menyangkut kualitas dan kuantitas barang tersebut apakah layak dijual atau tidak. Komoditas barang tersebut yaitu bahan pokok kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, telur, gula, bawang, cabai, daging ayam, dan daging sapi.

“Untuk lebih memastikan keadaan harga sebenarnya, dan lebih mencocokkan data yang dimiliki dengan di lapangan hampir seratus persen dengan yang di lapangan. Selain itu, ini adalah kegiatan silaturahim pemerintah daerah dengan para pedagang,”jelas Kadis Perdagangan. (**)