Jelang Ramadan Aliyah Mustika Ilham dan BBPOM Sidak Pasar

24 Mei 2017 17:23
Anggota DPR RI komisi IX, Aliyah Mustika Ilham bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sulsel, melakukan sidak di pasar Pa'baeng-baeng dan Supermaket Gelael, Rabu (24/5/ 2017)

MAKASSAR, INIKATA. com-Anggota DPR RI komisi IX, Aliyah Mustika Ilham bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sulsel, melakukan sidak di pasar Pa’baeng-baeng dan Supermaket Gelael, Rabu (24/5/ 2017)

“Jelang ramadan kami mau pastikan produk pangan yang dijual terjamin mutunya, jangan sampai ada yang rusak atau kadaluarsa, kasian masyarakat,” kata Aliyah.

Isteri Ilham Arief Sirajuddin, Walikota Makassar periode 2004-2014 ini mengimbau pedagang pasar pa’baeng-baeng untuk tidak memperjual belikan daging yang mengandung bahan pengawet atau berformalin.

Lebih lanjut ia menambahkan, jelang ramadhan, pemerintah memiliki kewajiban melakukan pengawasan terkait kelayakan, ketersediaan pangan dan kontrol harga bahan pokok, jangan sampai terjadi kelangkaan pasokan yang menjadi pemicu munculnya gejolak harga.

“Banyak laporan masyarakat kami dapatkan, termasuk masalah gula rafinasi, makanya kami komisi IX bersama BBPOM terus melakukan pengawasan,” ujarnya.

Kepala BBPOM Sulsel, Muhammad Guntur, mengatakan, sidak di dua tempat yang dilakukannya tidak menemukan bahan berbahaya ataupun produk kadaluarsa. Namun, pihaknya akan terus melakukan sidak.

“Kami akan turun, termasuk diawal puasa, ini yang jual takjil mau juga kami sidak dan teliti kandungannya, termasuk parcel juga,” ungkapnya.

Ia menambahkan jika pedagang pasar ataupun konsumen menemukan atau mencurigai suatu produk mengandung bahan berbahaya ataupun diperjual belikan meski sudah kadaluarsa, maka ia meminta untuk melaporkan hal tersebut ke BBPOM atau melalui telepon 871115.(**)