Kanwil Keuangan Release Hasil Perubahan Dana Desa

24 Mei 2017 17:05
Kantor Wilayah Keuangan (Kakanwil) Sulawesi Selatan merelease hasil perubahan penyaluran anggaran DAK Fisik dan Dana Desa untuk tahun anggaran 2017 Selasa, 24 Mei 2017. (yudha/inikata)

MAKASSAR, INIKATA.com – Kantor Wilayah Keuangan (Kakanwil) Sulawesi Selatan merelease hasil perubahan penyaluran anggaran DAK Fisik dan Dana Desa untuk tahun anggaran 2017 yang didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan Dana Desa.

Kepala Kanwil Direktur Jenderal Perbendaharaan Sulsel Marni Nisnur mengatakan bahwa sebelumnya peraturan ini merupakan pengganti dari dua peraturan sebelumnya yaitu, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 187/PMK.07/2016 dan Nomor 49/PMK. 07/2016. Perubahan yang signifikan terkait peraturan ini dibandingkan peraturan sebelumnya.

” Pada peraturan sebelumnya instansi yang bertindak sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) adalah Ditjen Perimbangan Keuangan dan disalurkan secara terpusat melalui KPPN Jakarta II,”kata Marni Nisnur, Selasa, 24 Mei 2017.

Saat ini, lanjutnya, pihak yang bertindak sebagai KPA dan penyalur adalah KPPN di daerah.

“Perubahan mekanisme penyaluran tersebut merupakan implementasi dari salah satu agenda nawacita yaitu membangun Indonesia dari daerah dan dari pinggiran,” katanya.

Dengan pendelegasian KPA kepada KPPN, katanya, daerah diharapkan dapat meningkatkan koordinasi antara Kementerian Keuangan dan Pemerintah Daerah terutama terkait penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa.(***)