Apel Siaga Bencana 2017 Digelar Lintas Instansi Bulukumba

26 April 2017 13:46
Apel Siaga Bencana di Lapangan Pemuda Bulukumba, Rabu (26/4/2017). (ist)

BULUKUMBA, INIKATA.com – Untuk mengantisipasi penanganan bencana yang tidak terduga, lintas instansi melaksanakan Apel Siaga Bencana secara bersama.

Apel yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum, A. Syamsul Mulyahat ini diikuti oleh Kodim 1411, Polres, Satpol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan, Tim Reaksi Cepat (TRC), Taruna Siaga Bencana (Tagana) serta Palang Merah Indonesia (PMI) dilaksanakan di Lapangan Pemuda Bulukumba, Rabu (26/4/2017).

Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang dilaksanakan ini dimaksudkan sebagai momentum pemersatu komitmen dan persepsi diantara semua elemen terkait bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama.

Sambutan Bupati yang dibacakan Asisten Administrasi Umum A. Syamsul Mulhayat mengatakan ada empat tahap strategi umum dalam penanggulangan bencana di daerah diantaranya, pertama pencegahan yang mengutamakan upaya preventif agar kerusakan dan korban jiwa dapat diminimalkan jika terjadi bencana, kedua tanggap darurat dilakukan upaya penyelamatan, pencarian, dan evakuasi, serta pemberian bantuan darurat berupa tempat penampung sementara, bantuan pangan dan pelayanan medis bagi korban bencana.

Ketiga tahap rehabilitasi dilakukan upaya perbaikan fisik dan non fisik, serta pemberdayaan dan mengembalikan harkat hidup korban bencana secara manusiawi, dan keempat rekonstruksi dilakukan upaya pembangunan kembali sarana dan prasarana serta fasilitas umum yang rusak agar kehidupan masyarakat dapat dipulihkan kembali.

“Dengan melihat kondisi geografi wilayah kita yang rentan terhadap bencana, tentu menuntut kesiapsiagaan kita semua dalam penanganannya. Dalam konsep penanggulangan bencana, pelibatan seluruh elemen masyarakat dan stake holder lintas sektor sangat diperlukan, sebab selain pemerintah, masyarakat juga diharapkan dapat turut berperan aktif dalam proses penanggulangan bencana” ujar Syamsul Mulhayat mewakili Bupati

Tampak hadir pada Apel Siaga Bencana Nasional diantaranya, Kasdim 1411 Mayor Arfan T, Plt RSUD Andi Sulthan Daeng Radja dr. Abdur Rajab, Plt Dinas PUPR Muh. Amry dan Plt Satpol PP dan Damkar A. Baso Bintang.(*))