Empat Terdakwa Narkoba 8 Kilogram Sabu-sabu Dituntut Penjara Seumur Hidup

25 April 2017 21:36
Ilustrasi hukum

PAREPARE. INIKATA.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare menuntut hukuman seumur hidup bagi para terdakwa kasus narkoba 8 kilogram yang terjadi pada bulan Agustus tahun 2016 lalu.

Tiga Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Parepare masing-masing, Irwan, Andi Kurnia, dan Nurjannah menjelaskan, empat terdakwa divonis hukuman seumur hidup dalam kasus 8 kilogram sabu,

“Para pelaku tersebut berasal dari Sulawesi Tenggara, Buton, masing-masing, Saifuddin, Riko, Tomo, dan Jaher, yang usianya rata-rata sekitar 50 thn,”Jelasnya, Selasa (25/4/2017)

Diejalaskan asal barang haram tersebut,  itu berasal dari Malaysia,

“Sabu-sabu tersebut mereka dapatkan dari Malaysia, dan adapun hukuman yang mereka dapatkan sesuai sidang tadi adalah hukuman seumur hidup, dengan pasal 114 ayat 2, dan 132 ayat 1 UDD nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, kasus ini merupakan kasus di bulan agustus 2016,”ujar JPU Kejari Parepare Irwan.

Selain menyita barang bukti sebanyak 8 kilogram narkoba jenis sabu-sabu, kejari pun menyita empat buah telepon genggam.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri Parepare (Kajari), Dr.Reskiana Ramayanti mengungkapkan, tuntutan itu sebagai bentuk efek jera terhadap keempat terdakwa,

“sebenarnya, kita menghukum adalah efek penjeraan, kita memberikan hukuman tinggi kapada terdakwa karena ini barang bukti 8 kilogram harganya sekitar Rp 1 miliar.Makanya kita maksimalkan hukuman yang tinggi,dan kami harapkan tidak ada lagi terjadi di Parepare,”katanya.
Adapun kasus narkoba yang ditangani pihak Kejaksaan Negeri Parepare yaitu kasus narkoba 10 kilogram,1 kilogram, 8 kilogram, dan 4 kilogram.

Sementara ini pun Kejari Parepare tengah menangani kasus narkoba 2 kilogram dan 5 kilogram yang sudah memasuki proses persidangan.(**)