Napi yang Pernah Kabur dari Rutan Soppeng Ditembak di Luwu

25 April 2017 13:20
Subianto Alias Anto saat berada di RS Kabupaten Lutim. (foto:ist)

SOPPENG, INIKATA.com – Akhir cerita tahanan Kelas II Kabupaten Soppeng, Subianto Alias Anto yang sempat melarikan diri dari rutan Senin 10 April 2017 telah usai setelah Tim Khusus (Tim Sus) Polres Soppeng menangkapnya di Desa Cendana, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur, Selasa (25/4/2017) sekitar Pukul 05.15 Wita.

Penangkapan berasal dari informasi masyarakat yang dihimpun Tim Sus Polres Soppeng dan langsung melakukan penggerebekan di salah satu rumah/kios di Desa Cendana, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur.

” Saat timsus Polres Soppeng melakukan penggerebekan di sebuah rumah atau kios yang dimana tersangka sedang tidur kemudian anggota masuk ke dalam rumah dan akan melakukan penangkapan,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani.

Ia menambahkan, saat dilakukan penangkapan, tersangka berupaya melakukan perlawanan dengan mengambil Senjata Api (Senpi) rakitan di bawah bantal yang telah terisi peluru dan mengarahkan senpi tersebut ke arah anggota.

” Jadi tersangka saat diamankan dirinya melakukan perlawanan ke anggota dengan menggunakan senpi rakitan dengan mengarahkan senpi tersebut ke anggota Bripka Dedi Indra Wijaya, sehingga AIPTU ASDAR langsung mengarahkan tembakan ke arah tersangka yakni Subianto dan mengenai dada tersangka tersebut,” tambahnya.

Kata Dia, Dicky Sondani, kemudian personil mengamankan tersangka dan langsung melarikan tersangka tersebut ke Rumah sakit namun dalam perjalanan Subianto menghembuskan nafas terakhirnya.

” Usai melawan petugas dan berhasil dilumpuhkan, anggota langsung membawanya ke rumah sakit namun dalam perjalanan keluar dari Desa Cendana, Kecamatan Burau, Kabupaten Lutim karena tersangka kehabisan darah, mengingat medan/akses jalan yang berlumpur dan cukup jauh dari pemukiman warga,” katanya.

Sementara itu barang bukti tersangka yang diamankan oleh petugas berupa 1 pucuk senpi rakitan Beserta 4 butir amunisi kaliber 38 dan 1 buah badik ukuran KL 30 cm.(**)