Setahun Kepemimpinan Sukri-Tomy Disambut Upacara Kesadaran Nasional

17 Februari 2017 17:11
Upacara Hari Kesadaran Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Februari 2017 juga menjadi momentum 1 tahun masa pemerintahan Bupati AM Sukri A Sappewali bersama Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto. (Foto:ist)

BULUKUMBA,INIKATA.com – Upacara Hari Kesadaran Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Februari 2017 juga menjadi momentum 1 tahun masa pemerintahan Bupati AM Sukri A Sappewali bersama Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto yang dilantik pada tanggal yang sama tahun 2016 yang lalu di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Paket pemimpin yang memiliki tagline Sejahtera Terdepan saat kampanye ini berhasil mengalahkan 4 paket calon lainnya.

AM Sukri dan Tomy dilantik oleh Gubernur Syahrul Yasin Limpo atas nama Mendagri bersama dengan 10 kepala dan wakil kepala daerah lainnya yang jadi pemenang di daerah masing-masing pada Pilkada Serentak 9 Desember 2015.

Visi yang akan dituntaskan selama 5 tahun oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba periode 2016-2021 ini adalah “Masyarakat Bulukumba yang Sejahtera dan Terdepan melalui Optimalisasi Potensi Daerah dan Penguatan Ekonomi Kerakyatan Berlandaskan pada Pemerintahan Demokratis dan Religius”

AM Sukri A Sappewali saat menjadi inspektur upacara di lapangan Pemuda, Jumat (17/2) menyampaikan setahun berlalu adalah fase awal dalam pelaksanaan RPJMD, walaupun demikian kami yakini masyarakat mulai merasakan adanya perbaikan layanan publik di segala sektor.

“Ini memang menjadi komitmen kami dalam mendorong satuan kerja perangkat daerah untuk secara aktif memberikan pelayanan melalui inovasi dan akselerasi, apalagi program tahun ini adalah Bulukumba Melayani” kata purnawiran TNI pangkat kolonel ini.

Kemudian, AM Sukri menambahkan jangan hanya bupati dan wakil bupati yang berkomitmen dalam melayani, namun semua aparatur sampai pada level bawah harus memiliki komitmen yang sama, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan layanan di pemerintahan.

Peserta upacara Hari Kesadaran Nasional diikuti oleh gabungan ASN, TNI dan kepolisian. Masing-masing unsur membentuk barisan. Selain penaikan bendera, juga ada pembacaan Pembukaan UUD 1945, Panca Prasetya Korpri, Tribrata Kepolisian dan Sapta Marga TNI

Terpisah saat diwawancarai oleh Radio Suara Panrita Lopi, Wabup Tomy Satria menyampaikan bahwa satu tahun yang dilewati adalah masa melakukan konsolidasi baik internal birokrasi maupun di luar pemerintah, sebagai upaya untuk membangun komitmen membawa Bulukumba ke arah yang lebih baik.

Kesadaran Nasional, lanjut Tomy kita maknai bahwa kita harus senantiasa berkomitmen untuk terus bekerja dan berkarya.

” Bagaimana kami harus mempertahankan dan meningkatkan berbagai capaian selama ini, misalnya Adipura, WTP, Peduli HAM, Wahana Tata Nugraha dan berbagai prestasi tingkat provinsi lainnya,” ujarnya.

“Itu semua kita mampu lakukan dengan kebersamaan, wujud kerja keras dari Bupati dan saya sebagai Wakil Bupati yang diberi amanah untuk mengendalikan perangkat daerah guna memastikan semua OPD kita terus bekerja sesuai tupoksinya” ujar Tomy lagi.

Menurut Tomy yang paling utama adalah bagaimana kita akan berjuang mewujudkan visi misi dari RPJMD yang akan kita laksanakan selama 5 tahun. Memastikan masyarakat dapat bekerja, memberikan ruang kepada kelompok pemuda dan kelompok lainnya untuk memaksimalkan potensinya.

Ketika ditanya apa harapan dalam mengawal Bulukumba ke depan, pria berkacamata ini mengatakan Kita banyak pemiliki potensi alam dan SDM yang besar termasuk bidang olahraga, inilah yang harus diakselerasi. Fungsi pemerintah hadir untuk memfasilitasi mewujudkan hal tersebut

“Doakan kami tetap sehat, doakan kami dapat amanah dalam mengembang tugas ini,” tutup Tomy.

Selain upacara pada pagi harinya, Bupati bersama Wakil Bupati menggelar Syukuran Satu Tahun masa jabatannya pada malam harinya di halaman Rumah Jabatan Bupati dengan mengundang berbagai elemen masyarakat dan stakeholder. (**&)