Musrenbang Kecamatan Digelar, Gantarang Dapat Giliran Pertama

14 Februari 2017 14:56
Tahapan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018. (foto:ist)

BULUKUMBA,INIKATA.com – Tahapan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018 sudah masuk tingkat kecamatan. Bulan yang lalu seluruh desa kelurahan telah melakukan Musrenbang tingkat desa/kelurahan.

Musrenbang adalah proses perumusan kebijakan perencanaan pembangunan yang mengkompilasi antara rencana program kerja berbagai sektor dengan aspirasi dari seluruh wilayah kabupaten.

Kecamatan Gantarang mendapat giliran pertama pelaksanaan musrenbang kecamatan untuk tahun 2018 ini. Pesertanya dari perwakilan dari 18 desa dan 3 kelurahan. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan setempat.

Bupati AM Sukri A Sappewali, saat membuka musrenbang tingkat Kecamatan Gantarang, di Kantor Camat Gantarang, Selasa (14/2/2017) mengemukakan, bahwa forum ini sangat penting dan strategis karena ia ingin melihat sejauh mana proses perencanaan dari bawah ke atas atau bottom up.

” Harus jelas hal-hal apa saja yang menjadi kewenangan desa dalam penggunaan anggaran desa, jangan infrastruktur terus yang bangun, padahal bisa digunakan untuk bidang lainnya seperti pembinaan olahraga,” ujar AM Sukri

Anggaran desa tahun 2017 yang rata-rata Rp1,5 milyar, lanjut Bupati diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dalam melaksanakan anggaran desa harus selalu koordinasi dengan instansi terkait sehingga tidak ada tumpah tindih program kegiatan.

Dua hal penting yang ditegaskan AM Sukri dalam forum ini, pertama ingin memastikan rumusan usulan prioritas harus memenuhi hak- hak dasar masyarakat, harus berbasis pemenuhan kesejahteraan masyarakat. Kedua, harus memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat dengan membuka ruang partisipasi pada elemen masyarakat sehingga masukan dan usulannya bisa lebih komprehensif.

Baca Juga: Wabup Tomy Satria Hadiri Musda II KAHMI Bulukumba

Ketua DPRD A Hamzah Pangki memberikan apresiasi musrenbang kecamatan tahun 2018, oleh karena baru kali ini lebih lengkap dihadiri oleh kepala OPD terkait, sebelumnya biasanya hanya perwakilan dari instansinya

Kepala Bappeda A Syafrul Patunru, menyampaikan tujuan dari musrenbang ini adalah untuk mensinergikan usulan prioritas dari desa kelurahan berdasarkan kemampuan OPD, serta sinkronisasi rencana pembangunan desa antara anggaran ADD, BDD dan APBD

“Intinya kami menekankan rencana kerja pemerintah desa harus memperhatikan peraturan pedoman pembangunan desa terkait dengan kewenangan desa dan kabupaten,” kata Syafrul Patunru.

Turut hadir anggota DPRD Dapil Gantarang Kindang Muh. Bakti. Kegiatan ini juga disiarkan langsung oleh Radio Suara Panrita Lopi. (**)

Jadwal Musrenbang Kecamatan :
Gantarang : Selasa 14 Feb 2017
Ujungbulu : Jumat 17 Feb 2017
Kindang     : Senin 20 Feb 2017
Bontobahari : Selasa 21 Feb 2017
Bontotiro  : Rabu 22 Feb 2017
Kajang       : Kamis 23 Feb 2017
Ujungloe   : Jumat 24 Feb 2017
Bulukumpa : Senin 27 Feb 2017
Herlang    : Selasa 28 Feb 2017
Rilau Ale  : Rabu 1 Maret 2017

Baca Juga: Jembatan Muara Sungai Bialo Bakal Jadi Ikon Baru Bulukumba