Pelayanan BPJS Tidak Maksimal, MPC PP Parepare Gelar Aksi Demo

13 Februari 2017 18:53
Sekelompok MPC PP (Pemuda Pancasial) Parepare Gelar Aksi Demo di Kantor BPJS Cabang Parepare

PAREPARE, INIKATA.com- Puluhan pemuda yang tergabung dalam kelompok Organisasi Kepemasyarakatan Pemuda (OKP) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Parepare, menggelar aksi dialogis di Kantor Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) cabang Parepare, Senin (13/02/2017).

Ketua MPC PP Parepare, Fadly Agus Mante mengatakan, aksi ini mereka gelar untuk menyampaikan tuntutan terkait jaminan pelayanan kesehatan yang ada di Parepare sejak diberlakukannya Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Republik Indonesia, Nomor 4 Tahun 2017 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.

Pemberlakuan aturan tersebut menurut Fadly masih diperlukan kajian yang lebih detail agar penerapannya tidak merugikan peserta yang mengikuti program BPJS, khususnya dengan kenaikan tarif premi, dan adanya tanggungan sewa kamar rawat inap, yang naik satu tingkat harus lebih jelas

Baca juga: BPJS Gowa Dihapus, MarJono: Rp14 M Akan Dikemanakan?

“Diberlakukannya aturan tersebut, sebaiknya disertai dengan penetapan tarif dari setiap Rumah Sakit (RS) agar lebih jelas. Jika pihak rumah sakit belum mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penetapan penyesuaian harga, berarti harus kembali ke Permenkes Nomor 64 Tahun 2016.

Saya yakin dan percaya, tambah mantan legislator ini ditahun 2009, pemberlakukan ini sudah terjadi secara sepihak di RS, format presentasinya ditetapkan 50 persen yang harus ditanggung oleh peserta,”ungkapnya

Kepala Unit Pengendali Mutu Pelayanan dan Penanganan Pengaduan Peserta BPJS Cabang Parepare Ade Eka Satrya mengatakan, BPJS Kesehatan akan lebih meningkatkan monitoring ke rumah sakit yang menjadi mitra BPJS Kesehatan Parepare tentang pemberlakuan Permenkes Nomor 4 Tahun 2017.

Baca juga: Pemda Gowa Usulkan Penghentian Integrasi BPJS, Begini Tanggapan BPJS Makassar

“Jadi dari tuntutan ini, pihak BPJS kesehatan akan lebih meningkatkan dan memperluas sosialisasi kepada peserta mengenai informasi terbaru pemberlakuan Permenkes 4 Tahun 2017 tersebut”tegasnya.(**)