Tahanan Jaksa Kabur, Kemenkumham Minta Kejari Bulukumba Tanggungjawab

15 Juni 2017 13:35
Pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulsel, meminta Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulukumba bertanggungjawab atas kaburnya satu tahanan kasus narkoba. (ist)

MAKASSAR, INIKATA.com – Pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulsel, meminta Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulukumba bertanggungjawab atas kaburnya satu tahanan kasus narkoba.

Diketahui tahanan tersebut bernama Adil Jainuddin alias Abu bin Jainuddin (43) warga Desa Bijawang, Kecamatan Ujung Loe. Adil kala itu telah mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri (PN), usai menjalani sidang, Adil kemudian berhasil melarikan diri.

“Kasus larinya tahanan Jaksa itu sepenuhnya tanggungjawab Kejari bukan dari Lapas karena Adil melarikan diri,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulsel, Sahabuddin Kilkoda.

Menurutnya, setelah dilakukan sidang dan hendak dimasukkan kembali ke Lapas, kata Sahabuddin Kilkoda tahanan tersebut langsung melarikan diri sebelum masuk ke Lapas, kejadian itu tepat depan pintu bahkan pelariannya sudah direncanakan.

“Pelarian tahanan itu sudah direncanakan, dia (red) memanfaatkan lengahnya pengamanan saat hendak dimasukkan ke Lapas. Adil kabur menggunakan sepeda motor yang sudah menunggu,” terangnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani menjelaskan saat ini pihak kepolisian masih terus melakukan pengejaran tehadap tahanan Kejaksaan yang berhasil melarikan diri. (**)