Arus Mudik Lebaran, Dua Titik Vital Mulai Dijaga Ketat Petugas

14 Juni 2017 17:10
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani,

MAKASSAR, INIKATA.com – Pelabuhan Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sudah mulai dijaga ketat oleh petugas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan.

Hal tersebut dilakukan demi mengantisifasi gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) pada saat arus mudik jelang perayaan Idul Fitri 1438 H nantinya.

“Personel jajaran Polda Sulsel sudah disiagakan di Pelabuhan dan Bandara Sultan Hasanuddin. Itu semua demi menjaga keamanan gangguan Kamtibmas saat arus mudik,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Rabu (14/6/2017).

Selain kedua titik vital tersebut, petugas kepolisian juga melakukan penjagaan di berbagai terminal di Kota Makassar, sebab terminal merupakan arus darat yang mesti mendapatkan pengamanan, kata Dicky Sondani, tiga jalur itu biasa digunakan para pemudik.

“Ketiga jalur itu, tentu mengalami peningkatan jumlah masyarakat yang masuk dan keluar. Itu perlu diantisipasi terjadinya penyelundupan barang berbahaya. Seperti misalnya narkotika, kepolisian sudah melakukan antisifasi dengan mengecek sejumlah barang bawaan penumpang,” jelasnya.

Olehnya itu, polisi dalam hal itu juga tidak ingin kecelongan lagi lantaran 500 butir bahan peledak jenis detonator aktif nyaris terbang ke Kalimantan Barat dan berhasil digagalkan petugas Bandara.

“Selain penyelundupan sabu yang diantisifasi, perlu juga diatensi penyelundupan bahan peledak. Seperti misalnya bom. Karena penyelundupan itu bisa saja terjadi kalau petugas lengah,”ucapnya. (**)