Dishub: Tahun Ini Lonjakan Penumpang Bakal Melonjak

14 Juni 2017 14:27
Kepala Dishub Provinsi Sulsel, Ilyas Iskandar. (foto:int)

MAKASSAR, INIKATA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan peningkatan jumlah arus mudik lebaran mencapai 5 hingga 7 persen, pada 1438 Hijriah/2017 Masehi kali ini.

Kepala Dishub Provinsi Sulsel, Ilyas Iskandar mengatakan, tingkat arus pemudik tahun ini cukup mengalami peningkatan. Namun, terkait angka dan totalnya pihaknya belum bisa memastikan jumlahnya. Akan tetapi kepadatan arus mudik kali ini tidaklah sepadat provinsi lain.

“Ada peningkatan jumlah pemudik dari tahun lalu sekitar 5 sampai 7 persen. Untuk total angkanya saya belum bisa memastikan soalnya data saya ada di kantor dan sudah jelas tidak sepadat kendaraan yang ada di Jawa,”kata Ilyas, Rabu, (14/6/2017).

Untuk melakukan antisipasi terhadap penumpukan kendaraan. Ia mengakui telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mendukung kelancaran arus mudik jelang Idul Fitri mendatang.

“Kami sudah berkoordinasi dengan para operator moda transportasi baik darat, laut, dan udara, agar masing-masing memprediksi berapa persen lonjakan penumpang pada mudik kali ini,”jelasnya.

Dirinya memprediksi, lonjakan penumpang terbesar akan terjadi pda pengguna moda transportasi udara, dengan catatan penumpukan penumpang tidak seperti tahun lalu dengan pertimbangan perlambatan ekonomi.

“Biasannya lonjakan penumpang baik bandara maupun pelabuhan dipengaruhi juga berdasarkan ketentuan hari libur biasanya pada H-3 lebaran,”tukasnya. (**).