Dua WNA Pembobol ATM Dibekuk di Makassar

10 Juni 2017 22:23
Dua WNA Pembobol ATM Dibekuk di Makassar.

MAKASSAR, INIKATA.com – Setidaknya dua orang sindikat pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berhasil dibongkar oleh pihak Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar, Sabtu (10/6/2017).

Ironisnya, kedua tersangka tersebut merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Turky. Masing-masing bernama Ismail Yoru dan rekannya Hayrullah, mereka pun beraksi beberapa tempat di Sulawesi Selatan, termaksud di kota Makassar. Bahkan aksinya terungkap setelah salah satu korban melaporkan tersebut.

Sementara menurut Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Endi Sutendi mengungkapkan, berawal laporan korban di Polrestabes, pihaknya langsung melakukan penyelidikan. Modus digunakan kedua pelaku juga terbilang sulit lantaran meletakkan alat khusus yakni scanner pada mesin ATM untuk mencopy nomor PIN.

“Alat itu untuk mencopy PIN korban yang sedang bertransaksi dalam ATM,” kata Kombes Pol Endi Sutendi sesaat lalu.

Bukan hanya melakukan penyelidikan begitu saja, kata Endi, beberapa personelnya berkoordinasi kepada pihak Bank terkait hasil rekaman CCTV yang ada di kota Makassar demi menggungkap identitas tersangka pembobolan itu.

Menurut Endi, kedua tersangka itu selalu berbelit belit jika dimintai keterangan, sebab dari paspor tertulis Turky. Sementara pengakuannya berasal dari Iran. “Kita masih bingung juga soalnya penyidik tidak mengerti bahasa Iran, tapi saat ini kita masih terus berupaya mengetahui identitas pelaku dengan menunggu pihak dari bagian imigransi,” terangnya.

Dari tangan kedua pelaku sindikat pembobolan ATM di Makassar itu pihak polisi juga menyita uang tunai Rp75.000.000, satu unit Laptop, satu buah alat Skenner, dua Paspor, 44 duplikat ATM dan buku catatan yang berisi nomor pin atm nasabah yang telah dicopy olehnya.

“Biarkan kami bekerja untuk mendalami kasus itu, Jangan sampai mereka memiliki jaringan lain,” tutupnya. (**)