Kelurahan Muslim Ballasaraja Gelar Festival Ramadan

7 Juni 2017 14:32
Keluarahan Muslim Ballasaraja Gelar Festival Ramadan

BULUKUMBA, INIKATA.com -Sekumpulan anak muda asal Sarajoko, Keluarahan Ballasaraja, Kecamatan Bulukumpa memiliki cara yang patut untuk dikembangkan oleh daerah lain dalam hal membina remaja dan generasi masa kini.

Mereka bakal menghadirkan Festival Ramadan yang rencananya diselenggarakan pada malam ke-17 ramadan 1438 H hingga 2 ramadan 1438 H mendatang dengan mengusung lomba dibidang keagamaan yang kini kegiatan tersebut sudah mulai tergerus ditengah modernisasi kehidupan.

Kegiatan ini nantinya bakal menghadirkan jenis lomba yaitu, lomba Adzan, Pildacil, Hifzil Quran, Tartil-tartilah, busana muslim-muslimah, kaligrafi, shalat jenazah dan beberapa cabang limba lainnya yang diselenggarakan di Masjid Nurul Iman Ulugalung-Sarajoko, Kelurahan Ballasaraja, Kecamatan Bulukumpa, Bulukumba.

Ketua panitia, Muh. Yusran mengungkapkan jika tujuan kegiatan ini dihadirkan demi menangkal banyaknya pemahaman-pemahaman yang dapat merusak pola pikir masyarakat utamanya generasi, apalagi menurutnya dengan berkurangnya nilai religi dalam diri seseorang dapat memudahkan generasi mengonsumsi obat terlarang dan berbuat kriminal.

“Kita bisa melihat setiap kali ramadan, jalanan diperkotaan dipenuhi remaja yang kerap balapan liar hingga berujung tewas karena lakalantas. Hal ini kami upayakan secara berlahan menguatkan nilai-nilai keagamaan kedalam diri mereka, agar tidak mengarah kepada tindakan kriminal. Olehnya, Pemkab Bulukumba harus terus mendorong kegiatan-kegiatan yang serupa disetiap daerah” Papar Yusran, Rabu (7/6/2017).

Kegiatan yang bakal berlangsung selama 4 hari ini nantinya juga bakal dihadiri oleh Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulinto dan Ketua Forum Kajian Cinta al-Quran (FKCA) Siti Isniyah Tomy Satria dimana lokasi kegiatan ini juga merupakan tanah kelahiran Wabup Tomy.

“Kami juga mengucapkan terima kasis setinggi-tingginya kepada insan pers di Bulukumba yang siap membantu kami agar kegiatan ini bisa menular kedaerah lain di Bulukumba dengan menyampaikan kepada mereka betapa pentingnya kegiatan keagamaan harus dibangun mengingat Indonesia saat ini dalam keadaan tidak baik-baik saja” Tutup Yusran.

Sekadar diketahui, kegiatan ini bakal menghadirkan peserta dengan kualitas terbaik, apalagi Ballasaraja sudah dikenal sebagai kelurahan Muslim pertama di Indonesia sejak tahun 2004 silam, dan menjadi pusat pengorbit bibit-bibit tilawah di Bulukumba yang pernah mewakili Indonesia di kanca Internasional generasinya.(**)