Pemda Pangkep Peringati Hari Kelahiran Pancasila

1 Juni 2017 12:24
Peringatan hari lahir pancasila turut diperingati Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep dengan menggelar upacara bendera, akamis 1 juni 2017 di Lapangan Upacara Kantor Pemerintahan Daerah.(fachmi/inikata)

PANGKEP,INIKATA.com – Peringatan hari lahir pancasila turut diperingati Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep dengan menggelar upacara bendera, akamis 1 juni 2017 di Lapangan Upacara Kantor Pemerintahan Daerah.

Wakil Bupati Pangkep Syahban Samanna bertindak selaku inspektur upacara, Kepala bidang perhubungan darat, Muh Husni Sebagai pembaca UUD 1945 serta mantan kandep, Anwar Kasim Sebagai pembaca doa.

Wakil Bupati Pangkep Syahban samanna dalam pidatonya menjelaskan, upacara ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan pada tanggal 1 juni atas perintah dari presiden RI Joko Widodo dan dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia.

“Secara umum Pangkep ini aman, dengan kelahiran pancasila kita bersama – sama harus berintrospeksi diri untuk kita semua, presiden mengatakan harus ada kebersamaan dan khebinekaan yang perlu di garis bawahi untuk kita semua,”jelasnya.

Syahban menambahkan bahwa upacara peringatan kelahiran pancasila ini untuk meneguhkan komitmen bersama agar lebih mendalami menghayati dan mengamalkan nilai nilai luhur pancasila sebagai dasar bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Pancasila ini merupakan hasil suatu kesatuan proses yang dimulai dari rumusan pancasila 1 juni 1945 yang dipidatokan oleh presiden pertama kita, Jadi apa yang dipidatokan pak soekarno harus kita lestarikan, dengan keberadaan kita mengikuti upacara ini berarti nilai-nilai pancasila masih tertanam kokoh di diri kita,”tambah mantan kepala Bapeda pangkep ini.(**)