Manfaatkan Ramadhan, PPMI Shohwatul Is’ad Kunjungi Delapan Masjid

31 Mei 2017 17:03
Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Shohwatul Is'ad Kabupaten Pangkep mengelar acara buka puasa bersama yang diselenggarakan selama beberapa hari, pada Masjid-masjid yang berlokasi di daerah Kabupaten Pangkep. (ist)

PANGKEP,INIKATA.com – Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Shohwatul Is’ad Kabupaten Pangkep mengelar acara buka puasa bersama yang diselenggarakan selama beberapa hari, pada Masjid-masjid yang berlokasi di daerah Kabupaten Pangkep.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kesantrian PPMI Shohwatul Is’ad Ustad Muhammad Rasyidi saat dikonfirmasi,Rabu (31/5/2017).

Ustad Muhammad Rasyidi mengatakan, acara buka puasa bersama warga masyarakat yang dipusatkan di Masjid ini digelar rutin setiap bulan Ramadhan.

Tujuannya selain memaknai hikmah Ramadhan, juga untuk terus memupuk tali silaturahim antara pengelola Pondok Shohwatul Is’ad dengan masyarakat sekitar pondok.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk mengasah kepekaan dan rasa peduli santri terhadap sesama, utama mereka yang membutuhkan.

“Dalam beberapa tahun terakhir ini selalu menggelar acara buka puasa bersama jamaah masjid, warga dan anak yatim. Untuk tahun ini kita fokus selenggarakan selama beberapa hari, pada masjid-masjid yang berlokasi di Kabupaten Pangkep,”katanya.

Tak hanya itu menurutnya, setidaknya setiap hari ada satu masjid menjadi tempat kegiatan buka bersama. Menjelang masuknya waktu magrib, pembina disertai para santri telah berada dilokasi yang ditujuh untuk mempersiapkan acara buka bersama.

“Alhamdulilah jamaah masjid dan warga sekitar terlihat antusias atas adanya kegiatan buka bersama ini. Ini dapat terlihat dari membludaknya jamaah yang hadir saat pelaksanaan shalat magrib,”tambahnya.

Adapun masjid yang menjadi lokasi acara buka bersama yang diprakarsai oleh Bagian Kesantrian PPMI Shohwatul Is’ad adalah Masjid Al Ma’mumang, Masjid Padang Lampe,Masjid Cuncunge, Masjid Jannatul Ma’wa,Masjid Ambo Asse,Masjid Buqatil Ilmi, Masjid An Nuur hingga Masjid At Taqwa.

Hal terpisah disampaikan oleh Koordinator Pelaksana Safari Ramadhan PPMI Shohwatul Is’ad mengatakan Ustad Ismail H.Laije mengatakan, kegiatan ini dapat berjalan baik karena didukung oleh banyak pihak. Dana untuk kegiatan buka bersama ini berasal dari para muhsinin diantaranya adalah santri, wali santri dan karyawan PPMI Shohwatul Is’ad.

“Alhamdulilah berkat dukungan kita, semua bisa merasakan kebahagian di bulan Ramadhan,”katanya.

Ia menambahkan, melihat besarnya animo jamaah dan warga dengan kegiatan buka bersama ini, maka diupayakan untuk meningkatkan kuantitas pasokan ta’jil sehingga panitia dapat menambah lokasi dan masjid tempat pelaksanaan buka bersama.

“Panitia mengupayakan untuk menambah pasokan menu buka puasa agar dapat dinikmati oleh ummat dalam jumlah yang lebih banyak. Untuk itu, panitia membuka ruang yang seluas-luasnya kepada para dermawan yang ingin berpartisipasi dan berdonasi dalam kegiatan ini,”tambahnya.(**)