Kadis Kesehatan Pertanyakan Gula Kristal Rafinasi

29 Mei 2017 22:24
Barang bukti gula kristal rafinasi oleh satuan reskrim Polres Jeneponto beberapa waktu yang lalu.

JENEPONTO, INIKATA.com – terkait adanya penangkapan barang bukti gula kristal rafinasi oleh satuan reskrim Polres Jeneponto beberapa waktu yang lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, dr. Syafruddin Nurdin mengatakan, saya sendiri masih mempertanyakan keberadaan gula kristal rafinasi itu.

“Yang saya pertanyakan komposisi apa yang dia tambah. Jangan sampai juga hanya karena persoalan pajak. Misalnya, kalau gula ini dapat merusak fungsi ginjal atau fungsi hati, merusak pembuluh darah,” kata dr. Syafruddin Nurdin, di ruang kerjanya, senin (29/5/2017).

Ia juga mengatakan, jangan sampai gula rafinasi ini mengandung bahan pemutih semacam byclin. Katanya lagi, kalau kita di kesehatan ada beberapa unsur, “itu saya pertanyakan apa unsur yang terkandung pada gula kristal rafinasi. Kalau dia permentasi, ada permentasi di dalam, kan banyak permentasi,” ucapnya.

Secara terpisah, Pemilik toko Haji Lanti, Istri H. Sudirman yaitu H. Saharia mengatakan, terkait gula kristal rafinasi itu adalah anak-anak penjual tokonya yang tahu tentang gula kristal rafinasi itu.

“Anak-anakji yang mengambil itu, Banyaknya 33 zak. Tapi, tidak diperjual belikan kalau itu, karena khusus untuk penjual roti dan penjual kue. Saya tidak tahu kalau ada gula seperti itu, apakah itu rafinasi. Ada polisi yang datang dan langsung diambil gulanya,” kilah H. Saharia.(**)