Besok, Jamaah An-Nadzir Mulai Berpuasa

24 Mei 2017 10:49
Jamaah An Nadzir yang berdomisili di Kabupaten Gowa menyepakati 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada pada hari Kamis, 25 Mei 2017 Besok. (Foto:ist)

MAKASSAR, INIKATA.com – Jamaah An Nadzir yang berdomisili di Kabupaten Gowa menyepakati 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada pada hari Kamis, 25 Mei 2017 Besok.

Ustads Lukman, salah seorang ulama An Nadzir mengatakan telah melakukan pemantauan terhadap perjalanan akhir bulan Sya’ban. Dan sudah disepakati akan jatuh besok.

” Kami akan berpuasa menyambut Ramadhan pada esok hari. Lantaran masuknya 1 Ramadhan besok sekitar pukul 09.00 WITA. Namun belum sempurna, kemungkinan fullnya pada Jumat, 25 Mei 2017,”kata Lukman saat di konfirmasi Inikata.com, Rabu, 24 Mei 2017.

Jamaah An Nadzir yang berpusat di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, kata Lukman telah melakukan perhitungan bulan dengan menggunakan l metode hisab, rukyah dan tanda alam.

“Ada tanda – tanda alam yang kami amati, seperti misalnya air pasang, terbitnya bulan di subuh hari, fajar sidik jam berapa masuk,”jelasnya.

Menurut Lukman, fajar sidik merupakan proses menentukan batasan antara malam dan siang. Sekitar, Kamis dinihari dan fajar sidik (menjelang matahari terbit) akan terjadi sekitar pukul 05.00 Wita.

“Berarti, secara otomatis, tidak ada lagi bulan besoknya, kalaupun ada hanya muncul pukul 06.00 Wita lewat. Begitu juga untuk penentuanakhir Ramadan yakni 1 Syawal melalui hisab, rukyah dan fenomena alam,”tukasnya. (***)