Tiga Tersangka Korupsi Lab FT UNM Resmi Ditahan

23 Mei 2017 16:28
ilustrasi (foto:int)

MAKASSAR, INIKATA.com – Tiga tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Labolatorium Terpadu Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) secara resmi telah ditahan oleh pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel sejak Senin kemarin (22/5/2017).

Diketahui, kasus tindak pidana korupsi pengerjaan pembangunan gedung Laboratorium Terpadu Fakultas Teknik UNM menggunakan anggaran APBD Tahun Anggaran (TA) 2015.

Dimana dalam anggaran tersebut senilai Rp 34.953.700.000, dan berdasarkan audit BPKP Perwakilan Sulsel, proyek itu dinyatakan gagal sehingga menyebabkan kerugian negara mencapai Rp 4.291.459.583.

Olehnya itu, mereka tiga tersangka secara resmi ditahan oleh Tim Penyidik Subdit III Ditreskrimum Polda Sulsel masing masing Edy Rachmad Widianto, selaku rekanan yang juga Direktur Utama PT Jasa Bhakti Nusantara.

Kemudian, Yauri Razak selaku Konsultan Management Kontruksi (MK) PT Asta Kencana Arsimetama, dan Dr Mulyadi selaku Pejabat Pembuat Komitmen UNM tahun ajaran 2015.

Wadir Diterkrimsus Polda Sulsel, AKBP Yuliar Kus Nugroho, menjelaskan meski tiga orang secara resmi telah ditahan, akan tetapi pihak Penyidik Polda Sulsel belum mendapatkan bukti akurat untuk menjerat Rektor UNM, Prof Husain Syam sebagai tersangka baru dalam kasus tersebut.

“Rektor tidak ada kaitannya dengan penyalahgunaan anggaran dalam pembangunan laboratorium terpadu Fakultas Teknik UNM. Dia (Rektor) tidak kita tetapkan sebagai tersangka karena dari hasil pemeriksaan tidak terbukti,” kata AKBP Yuliar Kus Nugroho, Selasa (23/5/2017).

Yuliar menambahkan, pihaknya masih menunggu proses penyidikan lebih lanjut. Bahkan penyidik juga tak akan terlalu gegabah dalam menetapkan tersangka dalam kasus korupsi Pembangunan Labolatorium Terpadu Fakultas Teknik UNM.

“Bisa jadi Rektor hanya sekedar pimpinan tidak mengarah pada penyalahgunaan anggaran pembangunan Lab. Karena hasil pemeriksaan hingga saat ini tidak ada bukti kwitansi yang perna ditandatangani,” tutupnya. (**)