Dinas PUPR Parepare Akan Bangun 1.140 Unit Septic Individual Bebas Limbah

19 Mei 2017 21:15
Syamsuddin Taha, Kepala Dinas PUPR Parepare.

PAREPARE, INIKATA.com – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Parepare mendapat kucuran dana hibah sebesar Rp 3 miliar dari Kementrian PUPR.

Dengan begitu, anggaran ini akan diperuntukkan untuk membuat ribuan unit Septic Individual.

“Akan dilakukan pembangunan septic individual, setelah pengerjaan selesai, tim Kementrian PUPR akan turun lagi mensurvey, setelah dilakukan survey bahwa memang telah dipasang septicnya, maka Dana Alokasi Khusus (DAK) oleh kementerian akan dicairkan senilai Rp3 miliar,”kata Syamsuddin Taha, Kepala Dinas PUPR Parepare.

Kata dia, pengerjaan septic individual itu harus rampung hingga oktober mendatang karena, anggarannya berakhir di bulan Desember,”

“Jadi dengan menggunakan metode dana hibah air limbah setempat yang dinilai 3jt/septic oleh Kementrian PUPR dengan total kurang lebih Rp3 miliar dari DAK, maka pengerjaannya harus rampung dibulan oktober karena DAK berakhir di desember,”paparnya, Jumat (20/5/2017) via seluler.

Sementara itu, Kepala Seksi Air Minum dan Limbah Dinas PUPR Kota Parepare, Aswin yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan jika pembangunan septic individual tersebut untuk menekan potensi limbah yang dihasilkan air tinja.

“Karena target kita Parepare harus bebas limbah, kita berharap bebas limbah melalui pendekatan septic individual itu,” tegas Aswin.

Diketahui, Tim Kementerian PUPR akan turun Rabu mendatang untuk melihat lokasi pemasangan septic individual itu, dan selanjutnya setelah pengerjaannha, tim survey dari Kementrian PUPR akan turun lagi untuk memastikan apakah sudah rampung.

“Data sudah dikirim ke pusat, selanjutnya, Rabu depan Tim dari Kementerian PUPR akan turun mensurvey lokasinya,”tutup Syamsuddin Taha. (**)