Longsor Masyarakat Gotong Royong Pindahkan Tumpukan Tanah

18 Mei 2017 18:24
Longsor Masyarakat Gotong Royong Pindahkan Tumpukan Tanah

GOWA, INIKATA.com – Bencana alam tanah longsor terjadi di Jalan Poros Tombolopao, Kabupaten Gowa menuju ke Kabupaten Sinjai tepatnya di Barayya, Dusun Mamampang, Desa Mamampang, Kecamatan Tombolopao, Kamis (18/5/2017).

Sekertaris Desa Mamampang, Muh. Hatta, SH, bahwa bencana tanah longsor diketahui oleh masyarakat setempat sekitar pukul 06.00 wita, “dimana warga sekitar melihat beberapa kendaraan yg berhenti karena tidak dapat melewati jalan yang tertutup tanah serta ranting pohon,” ujar Hatta.

Lonsor Sinjai 1Sekitar pukul 07.00 Wita Kades Mamampang, Asis Daud yang didampingi Sekdes Mamampang Muh. Hatta SH, Bhabinkamtibmas Mamampang Bripka Fatruddin, bhabin pao, bhabin, balassuka dan babinsa pao serta beberapa warga masyarakat bergotong-royong membersihkan/memindahkan tumpukan tanah dan ranting pohon yang menututupi badan jalan.

“Sekitar pukul 11.00 wita tumpukan tanah dan ranting pohon berhasil di pindahkan dari badan jalan sehinga kendaraan dari dan menuju Kec. Tombolopao dapat melanjutkan perjalanan,” tambahnya.

Akibat dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun jalan tersebut tidak dapat dilalui baik kendaraan roda empat maupun roda dua sekitar 4 jam lamanya dan Kondisi tanah di lokasi tersebut rawan longsor apabila musim hujan tiba, sehingga perlu perhatian serius dari isntansi terkait untuk mencegah terjadinya bencana tanah longsor setiap tahunnya.(**)