Serangan Hama Tikus Ancam Musim Panen Tahun Ini di Sidrap

18 Mei 2017 13:56
Ilustrasi (foto/int)

SIDRAP, INIKATA.com – Hampir semua lokasi areal tanaman padi yang ada di daerah ini terancam gagal panen akibat serangan hama tikus.

Serangan hama tikus untuk musim April- September tahun ini, dinilai sangat merugikan petani yang telah mengeluarkan banyak biaya penggarapan dan biaya operasional.

Salah seorang petani penggarap yang ditemui, Lasse, di Lanrang, Desa Timoreng Panua, Kecamatan Panca Rijang, Sidrap, Kamis (18/5/2017), mengatakan, serangan hama tikus kali ini, tergolong sangat besar dan sudah pasti merugikan petani.

Berdasarkan hitung-hitungan bulan, kata Lasse, serangan hama ini sulit dihindari, karena setiap bulan Mei hingga Juni merupakan musimnya, dan hal ini terus berlangsung setiap tahun.

Sementara itu, Lambeng, asal Rappang, Kelurahan Lalebbata, Kecamatan Panca Rijang, Sidrap, selaku petani penggarap juga ikut mengeluhkan serangan hama yang menyerang luas areal tanamnya, sehingga pihak pemerintah diharapkan ikut membantu masyarakat dalam menanggulangi masalah ini.

Sekedar diketahui, program Upaya Khusus (Upsus) yang melibatkan anggota TNI didaerah ini, tentunya sangat diharapkan peran aktifnya oleh masyarakat petani untuk ikut melaksanakan suatu langkah nyata dalam melakukan program Operasi Tangkap Tikus (OTT) sebelum masalah ini membuat masyarakat menanggung resiko kerugian yang semakin besar. (**)