Pelindo IV Makassar Siapkan Mudik Gratis

18 Mei 2017 12:54
PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Makassar menyiapkan program program mudik gratis tahun 2017. Program tersebut merupakan agenda lanjutan dari tahun sebelumnya. (ist)

MAKASSAR, INIKATA.com – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Makassar menyiapkan program program mudik gratis tahun 2017. Program tersebut merupakan agenda lanjutan dari tahun sebelumnya.

Asmen Hukum, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Cabang Makassar Anna Maryani mengatakan, program ini akan dimulai pada H-5 lebaran.

“Pada tahun ini kita tambah porsinya sampai seribu orang. Tahun lalu kita angkut 500 orang. Namun pada tahun ini kami menyiapkan mudik gratis dengan estimasi target penumpang sekitar 1000 penumpang,” kata Anna, Kamis, 18 Mei 2017.

Selain itu dalam program mudik gratis ini dalam rangka memperingati hari Raya Idul Fitri Lebaran 2017 tersebut petugas Pelindo IV akan memantau para pemudik yang baru tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta.

Mereka yang kesulitan mendapatkan akses transportasi darat ke kampung halamannya di lingkup Sulsel akan diarahkan menuju bus. “Tidak ada syarat khusus,”ujarnya.

Lanjutnya, program mudik gratis ini diprioritaskan kepada penumpang di pelabuhan yang turun dan berpotensi tidak mendapatkan angkutan darat untuk ke kampung halamannya.

Untuk itu, Pelindo IV telah bekerjasama dengan Perusahaan Umum Damri mengangkut penumpang secara gratis sampai ke tujuan.

Tidak dirinci berapa jumlah bus yang disiapkan. Namun angkutan akan dibagi ke dalam dua rute. Rute pertama menuju utara Sulsel meliputi Makassar sampai Parepare. Sedangkan rute Selatan Sulsel meliputi Makassar sampai Bulukumba. (**)