KPU Gowa Launching 2 Unit Mobil Pintar Pemilu

17 Mei 2017 19:07
KPU Gowa Launching 2 Unit Mobil Pintar Pemilu

MAKASSAR, INIKATA.com – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, melaunching dua unit mobil pintar atau Oto Car (Oto Cara’de’) sebagai sarana prasarana kegiatan sosialisasi jelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 serta Pemilihan Umum dan Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

Launching ini dirangkai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara KPU Gowa dengan Dinas Kominfo Gowa serta KNPi Sulsel dan Gowa dalam rangka peningkatan partisipasi Pemilu yang dilakukan oleh Ketua KPU Gowa, Zaenal Ruma, Kadis Kominfo Gowa, Arifuddin Saeni dan Ketua KNPI Sulsel, Riswan didampingi Ketua KNPI Gowa, Usman Baddu.

Peluncuran ini dilakukan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di halaman kantor KPU Gowa, Rabu (17/5/2017).

Bupati gowa dalam sambutannya mengatakan, mengingat pentingnya sosialisasi penyebarluasan pengetahuan tentang pemilu diseluruh kecamatan Kabupaten Gowa, melalui mobil pintar ini mampu memberikan informasi kepada masyarakat tentang peningkatan partisipasi aktif.

“Ini menjadi tugas kita bersama, bukan hanya KPU saja tetapi pemerintah kabupaten dan perangkat lainnya ikut andil dalam mensukseskan pemilukada, mengingat hubungan antara peran serta masyarakat dalam pemilu sesungguhnya bukan pada saat hari pencoblosan, tetapi dari mulai tahapan pencalonan sampai tahap pemungutan dan penghitungan suara”, jelasnya.

Lebih lanjut, Adnan mengatakan “Tingkat keberhasilan dari KPU diukur dari bertambahnya jumlah partisipasi masyarakat dan pemilih pemula, maka kami dari pemerintah Kab. Gowa melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan sosialisasi Perekaman E-KTP, yang sudah bisa dilakukan di kantor Camat se- Kabupaten Gowa, serta pemerintah akan melengkapi fasilitasi guna memberikan edukasi kepada pemilih pemula,” tambah bupati termuda Kawasan Timur Indonesia.

Ketua KPU Prov.Sulsel, Muh.Iqbal Latif, menyampaikan apresiasi kepada KPU Gowa karena telah melakukan suatu inovasi yg cukup berarti dengan pengadaan mobil pintar, yang diberi nama “Oto Cara’de”.Kalau di kabupaten lain ada namanya Rumah Pintar tapi masih bersifat statis, sedangkan dengan adanya Mobil Pintar ini kitalah yang mendatangi mereka untuk lebih proaktif dalam pemilukada.

“Inovasi ini pertama kali yg ada di indonesia dan inisiatifnya jg dari Kab. Gowa sendiri, yang mencerminkan bahwa antara KPU dan pemerintah memiliki sinergitas yang baik, dan harus dicontoh dengan kabupaten lain,”.katanya.

Lebih lanjut Muh.Iqbal Latif mengatakan,”Terkhusus untuk Pilgub yang tingkat partisipasinya masih terus mengalami kemunduran.Saya harap pilgub tahun 2018 tingkat pemilih bisa meningkat , dan masyarakat lebih memahami tentang persoalan – persoalan yg ada”. Lanjut Ketua KPU Prov. Sulsel.

Dikesempatan yang sama Ketua Ketua KPU Gowa, Zaenal Ruma didampingi Divisi Sosialisasi KPU Gowa, Arif Budiman serta Divisi Data dan Informasi KPU Gowa, Muhtar Muis mengatakan, mobil pintar ini akan digunakan bersosialisasi tentang kepemiluan, dimana di dalam mobil tersebut telah difasilitasi sarana komputerisasi, buku-buku kepemiluan, serta TV edukasi.

“Mobil pintar ini dilengkapi sarana dan prasarana edukasi yang akan dipergunakan KPU Gowa dalam kegiatan sosialisasi ke masyarakat dengan turun langsung ke pelosok desa dengan harapan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, yang bukan hanya telibat langsung dalam menggunakan hak pilihnya tetapi memahami hakekat dari pemilihan itu sendiri,”

Melalui Mobil Pintar ini, Masyarakat bisa mengecek langsung namanya di DPT (daftar pemilih tetap) Pilkada lalu karena DPT ini yang akan menjadi acuan Pilgub mendatang.(**)