Satreskrim Temukan Lokasi Dugaan Produksi Pupuk Palsu

17 Mei 2017 18:47
Satreskrim Temukan Lokasi Dugaan Produksi Pupuk Palsu

SIDRAP, INIKATA.com – Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Sidrap menemukan pabrik pembuatan pupuk yang diduga palsu di Kelurahan Lawawoi, Kecamatan Maritenggae, Sidrap, sekira pukul 16.00 Wita, Rabu (17/5/2017).

Operasi yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Anita Taherong
menemukan puluhan jeregen pupuk tanpa merk siap edar.

Selain itu, Satreskrim Polres Sidrap juga menemukan alat, bahan dan formula pupuk jenis tumbuhan dan bahan alami lainnya untuk pembuatan pupuk.

“Hal ini kami sikapi setelah mendapat laporan dari warga bahwa di lokasi itu ada aktifitas pembuatan pupuk tanpa lebel dan tidak memiliki izin produksi resmi dari pemerintah,”ujar AKP Anita.

Mendengar info tersebut, kata AKP Anita, pihaknyapun langsung bergerak kelokasi dan mengamankan puluhan jeregen isi lima liter serta pemilik usaha pembuatan pupuk yang diduga palsu ikut diamankan untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Anita menambahkan, Kasim (45), pemilik pabrik mengaku dihadapan penyidik kalau pupuk tersebut masuk dalam jenis pupuk hayati, yang mana bahan dan formula pupuk tersebut diambil dari alam seperti beberapa jenis tumbuhan dan bahan alami lainnya kemudian difermentasikan dan selanjutnya dikemas dalam jerigen. Harga jualnya pun yakni Rp100 ribu pergerigen dengan isi lima liter.

“Sebagai bahan pengujian sampel, kami hanya mengambil 10 gerigen saja dan sisanya dimasukkan dalam drum serta lokasi pembuatan dipasang garis pembatas polisi (Police Line),”jelas AKP Anita.

Ia ber peujar pengujian akan dilakukan untuk mengetahui komponen pupuk yang tersimpan didalam gudang yang kini telah disegel. “Pengujian diharapkan dapat secara akurat guna mengetahui sample pupuk yang dicurigai palsu tersebut,” tandasnya.(**)