Tim Akreditasi RS Survey RSUD Andi Makkasau Parepare

15 Mei 2017 11:18
Tim Surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan penilaian terhadap Rumah Sakit Umum (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, Senin (15/5/2017). (Kalma/inikata)

PAREPARE,INIKATA.com – Tim Surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan penilaian terhadap Rumah Sakit Umum (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, Senin (15/5/2017).

Dalam Penilaian itu, ada tiga tim yang ditugaskan untuk melakukan penilaian terhadap Sumber Daya Manusia (SDM), pelayanan, fasiltas dan lainnya yang ada di rumah sakit itu, yang merupakan RS rujukan di Propinsi Sulawesi Selatan,

Ketua Tim Surveyor Akreditasi, dr Josephine S. Boma, MARS, mengatakan, ada tiga tim yang ditugaskan untuk melakukan survei akreditasi rumah sakit di RSUD Andi Makkasau selama 3 hari, yang terbagi ke dalam tiga bidang, asing-masing, bidang manajemen, bidang medis, dan bidang perawatan.

” Kami sangat mengapresiasi atas sambutannya tadi, apa yang kami lihat pagi hari ini rasanya seperti tamu yang sangat penting dan kami mengapresiasi juga wali kota hadir dengan seperangkat organisasi daerah (OPD), ” jelasnya.

Kata Josephine S. Boma selama tga hari ke depan pihaknya akan bekerjasama dengan RS setempat. ” Kami datang membawa apa yang akan dicapai dari tujuan akeditasi ini, sehingga kita dapat melaksanakn standar akreditasi dengan baik, dengan tujuan agar rumah sakit dapat terhindar dari konflik masyarakat,”tambahnya.

Plt. Dirut RSUD Andi Makkasau Parepare, dr. Muh.Yamin dalam laporannya memaparkan, telah berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap rumah sakit yang dipimpinnya itu dan optimis dapat meraih akreditasi paripurna.

“Di dalam penilaian akreditasi paripurna, kami dari pihak RSUD Andi Makkasau Parepare telah berupaya berbenah diri jauh-jauh sebelumnya, baik dari segi manajemen, peningkatan mutu dan keselamatan pasien, keperawatan, tata kelola kepemimpinan, kelolahan staf, serta manajemen komunikasi dan informasi dengan menyajikan akses data, dan akses perawatan pasien,”paparnya

Sementara, Wali Kota Parepare,HM.Taufan Pawe, mengatakan, persiapan penilaian itu tidak lepas dari komitmen pemerintah kota dalam hal pelayanan terhadap masyarakat di bidang kesehatan.

“Kehadiran tim ini tentu tidak lepas dari komitmen pemerintah daerah. Kami telah melakukan upaya perbaikan sistem yang bakal menjadi titik penilaian,”jelas Taufan.

Taufan menambahkan, pihaknya menyadari persoalan pelayanan kesehatan itu adalah hal yang sangat penting. Masyarakat harus percaya dengan pelayanan yang telah dilakukan pemerintah kota.

“Di Parepare, kami perkuat di sektor jasa, pelayanan kesehatan, dan pelayanan pendidikan,fungsi pelayanan, pelayanan kesehatan yang telah hadir di Parepare, sudah ada call center 112, selanjutnya akan menghadirkan RS Hasri Ainun, ada jumat peduli dengan periksa kesehatan gratis, dan di rumah sakit ini pula terdapat sistem Hemodialisa (cuci darah) yang terbaik di Indonesia,”papar Taufan di depan Tim Akreditasi Rumah Sakit

Tim penilai akreditasi rumah sakit rencananya berada di Parepare selama tiga hari. Kedatangan tim itu disambut oleh Wali kota Parepare, HM Taufan Pawe, serta Pimpinan menagemen Rumah sakit umum Andi Makkasau dan para staf.
(**)