Pemkab Sidrap Bantu Balita Koma di RS Arifin Nu’mang

12 Mei 2017 1:27
RS Arifin Nu'mang

SIDRAP, INIKATA.com — Agung Mahardika, balita asal Benteng, Kabupaten Sidrap itu sudah tujuh hari koma di RS Arifin Nu’mang Rappang, Sidrap. Pemkab Sidrap langsung turun tangan untuk memberikan intervensi khusus masalh pembiayaan.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Sidrap, dr Irwansyah, Kamis (11/5/2017) mengatakan, semua masalah biaya akan ditanggulangi pemerintah kabupaten Sidrap guna meringankan beban biaya kedua orang tua bayi tersebut.

“Baru saja saya tinggalkan Rumah Sakit Arifin Nu’mang melihat langsung kondisi pasien,”ujar Irwansyah.

Menurut Irwansyah, Pelayanan di RS Arifin Nu’mang sudah maksimal. Pemkab Sidrap akan maksimal memperhatikan kondisi bayi tersebut.

Dokter ahli anak yg merawat pasien tersebut rencana merujuk, terkendala biaya dan persoalan keluarga. Kalau biaya di Sidrap menurut Irwansyah aman, tinggal bagaimana pembiayaan jika pasien balita tersebut dirujuk ke RS Wahidin tentu yang dicari adalah BPJS.

“Besok baru rencana urus BPJS nya , hitung-hitungan sbutuh waktu 1 minggu baru bisa selesai, ” ujarnya.

Informasi yang dihimpun, bocah malang itu mengalami muntah-muntah dan demam. Bocah itu diantar orang tuanya ke RSUD Arifin Nu’mang sejak tujuh hari lalu. Hingga kini ia masih koma.

Agung adalah anak kelima dari pasangan Supardi dan Rasmi. Sehari-hari, ibunya hanya bekerja serabutan, sedang ayahnya sudah lama terbaring sakit akibat terserang stroke.

“Kita semua sangat kasihan, apalagi ke empat saudara-saudara Agung yang lain kabarnya sudah meninggal semua. Bapak dan ibunya sisa mengasuh Agung,” ujar Hartina Tamrin yang ditemui di RS Arifin Nu’mang, Rappang.(**)