Kerjasama Tiga Polres Ungkap Pelaku Curanmor

11 Mei 2017 21:48
ilustrasi.

SIDRAP, INIKATA.com – Aksi pencurian kendaraan bermotor yang dilakukan ditiga wilayah Kabupaten, berhasil diungkap berkat kerjasama dan koordinasi antara tiga Polres tetangga itu.

Kerjasama tiga Polres tersebut, diantaranya Polres Sidrap, Polres Parepare dan Polres Pinrang melalui Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) masing-masing, akhirnya membuahkan hasil dengan menangkap pelaku Curanmor dan pencurian dengan cara memecahkan kaca mobil.

Terungkapnya pelaku Curanmor tersebut, setelah pihak Satreskrim Polres Sidrap menerima laporan pengaduan masyarakat atas terjadinya aksi pencurian yang terjadi di Jalan Nene Mallomo, Pangkajene, Sidrap, Rabu kemarin (10/5/2017) sekira pukul 17.30 Wita.

“Pelaku aksi curanmor berhasil kami ungkap melalui rekaman CCTV yang terpasang dirumah korban yang membawa kabur satu unit sepeda motor Yamaha tipe Xride, nomor polisi DP 3707 CM,”ujar Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Anita Taherong, di Pangkajene, Sidrap, Kamis (11/5/2017).

Menurutnya, dari hasil amalan CCTV itu, ciri – ciri fisik, pakaian dan kendaraan yang digunakan pelaku, dapat disimpulkan bahwa pelaku tersebut memiliki kesamaan dengan aksi Curanmor yang dilakukan disejumlah tempat kejadian lainnya, sehingga petugas bergerak cepat melakukan penangkapan terhadap pelaku curanmor dan pencurian dengan cara memecahkan kaca mobil.

Dari hasil operasi yang dilakukan tim unit gabungan khusus itu, kata AKP Anita, akhirnya berhasil mengamankan 3 orang pelaku di Kecamatan Sorong, Parepare, Rabu kemarin sekira pukul 23.00 wita, yaitu, lelaki Hasanuddin alias Aco Bin Dg Tammu (42) yang berpotensi sebagai penjual bakso dan beralamat di Bulu Nippon, Kecamatan Sorong, Parepare.

Selanjutnya, lanjut Anita, pelaku kedua dan ketiga yang ikut diamankan, lelaki Andi Rian Bin Andi Paramajeng (35) yang beralamat di Kecamatan Soreang, Parepare, dan lelaki Erwin alias Ewin Bin Asri (34) yang beralamat di jalan H A Asse, Soreang, Parepare.

Kata dia, pelaku dalam menjalankan aksinya sering dilakukan pada dua kabupaten, yaitu, Pinrang dan Sidrap. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, pihak petugas Polres Sidrap membawa sejumlah barang bukti (BB) berupa, 5 unit motor dari berbagai jenis dan merk serta sejumlah BB lainnya.

“Pelaku sudah diamankan di sel tahanan Mapolres Sidrap untuk dilakukan pengembangan terkait adanya dugaan komplotan disejumlah tempat atau daerah lainnya,”kata AKP Anita. (**)