Puskesmas Tanrutedong Bisa Jadi Percontohan Puskesmas di Indonesia Timur

10 Mei 2017 18:19
Puskesmas Samata Kabupaten Gowa melakukan Kaji Banding di Puskesmas Tanru Tedong Rabu (10/5/2017). (hasman/inikata)

SIDRAP, INIKATA.com – Kabupaten Sidrap di bawah kepemimpinan Bupati Sidrap H Rusdi Masse terus menjadi idola dan menarik perhatian bukan hanya warga Sulawesi Selatan (Sulsel) tapi juga dari daerah di luar Sulsel. Terbukti beberapa pekan terakhir Sidrap terus kedatangan tamu.

Kedatangan mereka di Sidrap untuk belajar banyak hal, terutama soal pengelolaan dan manajemen Puskesmas. Hal itu berkat prestasi yang ditorehkan Puskesmas Tanrutedong baru-baru ini, sebagai puskesmas dengan Akreditasi Paripurna yang merupakan sebuah penghargaan tertinggi dalam pemberian akreditasi.

Puskesmas Tanru Tedong, Kecamatan Dua Pitue, Sidrap sendiri menjadi satu-satunya Puskesmas yang berhasil meraih akreditasi Paripurna untuk wilayah Indonesia Timur.

Sehingga tidak heran jika sudah beberapa pekan terakhir Puskesmas ini ‘banjir’ kunjungan dan menjadi referensi sejumlah daerah lainnya, dan terbukti, Rabu (10/5/2017), Puskesmas Samata Kabupaten Gowa juga melakukan Kaji Banding di Puskesmas Tanru Tedong.

Beberapa hari sebelumnya, Kaji Banding juga dilakukan Puskesmas Topoyo dan Puskesmas Duri Kumba Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Bukan itu saja Kaji Banding juga dilakukan beberapa puskesmas dari Kabupaten Mamasa Sulbar.

Kepala Puskesmas Tanrutedong, Ali Taba mengaku meski beberapa pekan ini harus ada kegiatan tambahan dengan sibuk melayani tamu yang ingin melakukan Kaji Banding, namun ia sendiri mengaku bangga dan terharu bisa menjadikan Puskesmas Tanru Tedong sebagai Puskesmas berakreditasi Paripurna dan lebih bangga lagi karena menjadi pusat kajian dari berbagai daerah di wilayah Sulawesi.

“Ini semua tidak lepas dari kerja keras dari seluruh tenaga kesehatan yang ada di puskesmas Tanru Tedong, dukungan kepala dinas kesehatan dan terutama support penuh dari Bupati Sidrap, Rusdi Masse, “kata Ali Taba.

Hal sama diakui Kepala Dinkes Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB, dr HA. Irwansyah, M. Kes. Menurutnya beberapa pekan terakhir Sidrap memang jadi pusat kunjungan, terutama bagi daerah yang juga ingin meningkatkan akreditasi Puskesmas mereka.

“Akreditasi ini menjadi acuan pelayanan kesehatan suatu daerah. Apalagi kan puskesmas itu menjadi perawatan awal bagi masyarakat. Nah Puskesmas Tanru Tedong dapat akreditasi Paripurna. Artinya pelayanan di puskesmas ini di akui. Inilah yang menarik sejumlah puskesmas dari berbagai daerah untuk belajar di Sidrap, “jelas Irwansyah. (**)