Jangan Mainkan Harga Pangan, Kerja Tim Satgas Seperti Ini!

10 Mei 2017 15:20
Menjelang bulan suci ramadhan, harga pangan pastinya akan melonjak. Namun untuk menjaga kestabilan harga tersebut, pihak Ditreskrimsus Polda Sulsel langsung membentuk Tim Satgas.

MAKASSAR, INIKATA.com – Menjelang bulan suci ramadan, harga pangan pastinya akan melonjak. Namun untuk menjaga kestabilan harga tersebut, pihak Ditreskrimsus Polda Sulsel langsung membentuk Tim Satgas.

“Satgas ini dibentuk untuk mengontrol semua harga pangan di Sulsel. Lagian menjelang Ramadhan pasti harga akan melonjak naik, maka dari itu perlu distabilkan,” kata Dirreskrimsus Polda Sulsel, Kombes Yudhiawan, Selasa (9/5/2017).

Tujuannya untuk swasembada pangan nasional, dalam sinergitas pangan di Sulsel yang merupakan program pemerintah saat ini.

Pada pendistribusian, persaingan usaha, permainan kartel dan harga pada kondisi tertentu seperti Idul Fitri, Idul Adha dan hari penting lainnya, tentunya ada spekulan yang bermain. Dengan menampung pangan dan harga dimainkan.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus, AKBP Yuliar mengatakan, Liputan Swasembada pangan pada bidang tanaman dan ternak merupakan konsumsi rakyat sehari-hari. Sehingga, diharapkan sumber pangan tersebut dapat melimpah, zero import dan peningkatan ekspor.

Yuliar menambahkan, Secara hukum ekonomi, bila melimpah pangan tentunya harga akan stabil. Sedang bila panen hanya pada spot-spot tertentu, secara otomatis jumlah stok pangan terbatas dan konsumsi cukup banyak. Hal itu bisa mempengaruhi peningkatan harga.

“Dimana setiap penyimpangan pangan, merupakan ranah dari Krimsus. Sehingga perlu sinergitas dengan intansi terkait melakukan stabilitas ketahanan pangan,”katanya.(**)