Pembubaran HTI, Begini Reaksi Jubir HTI Sulsel

8 Mei 2017 23:16
Juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Sulsel Dirwan Abdul Jalil. (Foto: IST)

MAKASSAR, INIKATA.com – Juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Sulsel Dirwan Abdul Jalil sangat menyayangkan sikap yang dilontarkan pemerintah untuk membubarkan Organisasi Masyarakat (Ormas) tersebut.

Padahal menurutnya sudah 20 tahun lebih aktivitas yang telah dilakukan tidak pernah bertentangan dengan ideologi Pancasila.

“Sudah 20 tahun lebih HTI berdiri dan berdakwah pada pelosok Nusantara. Selama ini kami hanya berdakwa dan akan tetap berdakwah, lantaran hal tersebut bagian dari kewajiban dan sebagai bentuk sumbangsih HTI terhadap penyelesaian problem di negeri ini,”kata Dirwan, Senin 8 Mei 2017.

Kalaupun belakangan ini, kata Dirwan ada kelompok masyarakat yang tidak senang, saya merasakan hal tersebut adalah wajar. Solusinya, tinggal melakukan komunikasi yang baik agar tercipta kesepahaman bersama.

Dirwan juga merasa heran dengan pernyataan sikap yang dilontarkan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto yang mengeluarkan keputusan untuk membubarkan HTI.

“Kami cukup heran dengan keinginan itu, selama ini HTI selalu taat hukum dan peraturan,”jelasnya.

Dirwan juga merasa khawatir, dengan elit serta kelompok tertentu yang mencoba praktek-praktek orde baru yang mencoba melakukan syiar dakwah.

“Saya merasa khawatir dengan upaya membenturkan aktivitas dakwah dengan pancasila dan kebinekaan. Kemungkinanan akan memunculkan kembali cara-cara orba dalam membungkam aktifitas dakwah islam,”bebernya.

Menurutnya tuduhan itu harus dibicarakan terlebih dahulu dengan pihak HTI. Seperti bertentangan dengan Pancasila.

“Dimana letak bertentangannya dan setidaknya ada surat pemberitahuan dan sebagainya,” tutupnya. (**)