Gowa Akan Terapkan BPHTB Online

8 Mei 2017 16:58
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menerima Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulsel Real Estate Indonesia (REI), Arief Mone di Ruang Rapat Bupati Gowa, Senin (8/5/2017). (afri/inikata)

GOWA, INIKATA.com – Masih seringnya ditemui permasalahan dalam layanan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) menjadi pertimbangan Bupati Gowa untuk kelak menerapkan BPHTB online.

Rencana ini disampaikan ketika menerima Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulsel Real Estate Indonesia (REI), Arief Mone di Ruang Rapat Bupati Gowa, Senin (8/5/2017).

“Saya akan melakukan rapat intern dengan OPD yang terkait masalah validasi BPHTB. Tidak menutup kemungkinan nanti Pemkab Gowa akan melakukan suatu inovasi dengan menerapkan BPHTB secara Online,” ujar Bupati Adnan.

Banyak manfaat yang diharapkan bisa diraih dengan sistem online ini. ” Dengan online akan memperpendek jalur administrasi penggurusan BPHTB sekaligus menciptakan transparansi yang mengindari kecurangan dalam tahapan validasi,” tambah mantan anggota DPRD Prov Sulsel.

Lebih lanjut, Adnan juga menekankan agar pengembang mesti jujur. ” Para pengembang harus jujur dan transparan. Jangan nakal, nilai yang dimasukkan ke Pemda harus sesuai dengan harga transaksi dan brosur yang diedarkan ke User,” tekannya.

Kesempatan ini juga, Arief Mone meminta kesediaan Bupati Gowa untuk menyerahkan rumah impian yang akan dilaksanakan di bulan Ramadhan tahun ini.

Untuk Kabupaten Gowa, REI sangat bangga karena dalam sejarah Ramadhan Rumah Impian yang sudah berjalan 7 (tujuh) tahun, baru tahun ini Kabupaten Gowa menjadi satu-satunya kabupaten di seluruh Indonesia yang mendapatkan 5 (lima) unit rumah gratis.

“Ini tidak terlepas dari besarnya pertumbuhan pembangunan dan konstribusi dari Pemerintah Kabupaten Gowa, karena yang namanya sumbangan gratis biasanya orang menyumbang ketika punya uang berlebih dan pertumbuhan ekonominya tinggi,” jelas Ketua DPD Sulsel REI

Adnan juga mengapresiasi program yang dilakukan REI yang sudah berjalan cukup lama, ini membuktikan kepedulian REI terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat cukup tinggi.

Turut hadir dalam audiens ini, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, H.Alwi Beddu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, H.Indra,Setiawan, Kepala Badan Pendapatan Daerah, H.Ismail Madjid, Dan Kepala Bagian Humas dan Kerjasama, Abdullah Sirajuddin.(**)