Sapiria Akan di Sulap Jadi Kampung Pelangi

6 Mei 2017 13:37
Kampung Sapiria beberapa waktu lalu.

MAKASSAR, INIKATA.com – Kepala Bidang Penindakan, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Jamaluddin mengatakan, akan merubah stigma Indonesia tentang kampung Sapiria, kelurahan Lembo, Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Salah satunya dengan mengubah secara utuh kampung yang dikenal sebagai tempat nomor 5 di Indonesia sebagai penyuplai terbesar narkoba.

“Kami akan mengubah kampung tersebut menjadi kampung pelangi dan bebas narkoba. Dimaksud kampung pelangi denngan memberikan warna baru dalam waktu dekat ini,”kata Jamal sapaan akrab Jamaluddin, Sabtu (6/5/2017).

Lebih lanjut Jamal mengatakan, pihaknya telah melakukan program pemetakan kawasan rawan dan sinergitas program pemberdayaan alternatif dengan stake holder terkait.

“Saya sudah kominikasikan dengan camat setempat. Pihak Kecamatan akan menindaklanjuti hasil rapat kerja terpadu hari ini, dengan melakukan koordinasi antara Lurah, Ketua LPM, Ketua RW dan Tokoh masyarakat untuk mempermantap rencana pembentukan Pokja dan Program kerja nya di Kampung Sapiria Kelurahan Lembo,”tuturnya.

Kegiatan yang dilakukan nantinya, kata Jamal berorientasi untuk mengoptimalkan penanganan dan pembinaan warga yang tinggal di Sapiria dengan dengan program pemberdayaan terpadu dimana semua pihak bersinergi membantu masyarakat Sapiria meninggalkan dan bebas narkoba.

“Kami tunggu informasi dari Kecamatan dan Kelurahan, untuk selanjutnya kita bergerak bersama melibatkan banyak pihak untuk melakukan perubahan dan perbaikan yang komprehensif di Kampung Sapiria Kelurahan Lembo Kecamatan Tallo Kota Makassar,” Harapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di beberapa kesempatan secara intens mensosialisasikan program ” Jagai Anakta” untuk menekan dan mengurangi pengaruh narkoba di tengah-tengah masyarakat khususnya daerah rawan seperti di Sapiria dan wilayah-wilayah lainnya di Kota Makassar.(**)