May Day di Makassar, 1.970 Personel Kawal Aksi Unjuk Rasa

1 Mei 2017 0:28
Penyiagaan keamana dari pihak kepolisian, beberapa waktu lalu.

MAKASSAR, INIKATA.com– Setiap tanggal 1 Mei merupakan hari Buruh sedunia, hal tersebut biasa diwarnai aksi unjuk rasa besar-besaran dilakukan oleh ribuan Buruh di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa ribuan Buruh sebanyak 1.970 personel gabungan disiagakan mengawal aksi tersebut. Mereka yang akan mengawal terdiri dari Polda Sulsel, TNI, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulsel maupun Kota Makassar.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, untuk aksi Senin (1/5/2017) sebanyak 1.300 personel jajaran Polda Sulsel akan dilibatkan mengawal aksi May Day.

Kendati demikian, Dicky menjelaskan walaupun jajaran Polda Sulsel besok adalah hari libur, namun pihaknya tetap akan bertugas.

“Polda Sulsel menurunkan 1.300 personel dari Polrestabes Raya, lebihnya TNI dan Forkopimda Sulsel maupun kota Makassar,” ucap Dicky kepada IniKata.com, Minggu (30/4/2017).

Menurutnya, pengawalan dilakukan oleh Polda Sulsel bukan hanya di aksi hari Buruh saja, akan tetapi mengawal aksi di hari Pendidikan (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei.

“Kami akan mengawal aksi ini selama dua hari kedepan. Untuk beberapa titik sudah disiapkan anggota di Kota Makassar,” tutupnya. (**)