Wow, Bulukumba Jadi Tuan Rumah Launching Gala Desa Indonesia

19 April 2017 17:52
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui gerakan "Ayo Berolahraga" akan menggelar ajang Gala Desa Indonesia pada bulan Mei hingga September secara serentak di 136 kabupaten/kota di Indonesia.

BULUKUMBA, INIKATA.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui gerakan “Ayo Berolahraga” akan menggelar ajang Gala Desa Indonesia pada bulan Mei hingga September secara serentak di 136 kabupaten/kota di Indonesia.

Kegiatan nasional ini akan di launching oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di Kabupaten Bulukumba pada tanggal 13 Mei 2017. Sebanyak 6 cabang olah raga akan dipertandingkan dalam ajang ini yakni Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis Meja, Bola Voli, Bulutangkis, dan Atletik.

Kepastian penyelenggaraan pembukaan Gala Desa secara nasional di Bulukumba disampaikan langsung oleh Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Kemenpora RI Arifin Majid, saat rapat persiapan bersama dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bulukumba di Kantor Bupati Bulukumba, Rabu (19/4/2017).

“Insya Allah Bapak Menpora akan hadir langsung pada pembukaan Gala Desa ini, olehnya itu saya berharap Bulukumba dapat menjadi tuan rumah yang baik, sehingga acara ini berlangsung dengan sukses” pinta Arifin.

Arifin Majid mengatakan Gala Desa merupakan upaya implementasi Nawacita Presiden Jokowi untuk mendukung Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) melalui ajakan“Ayo Olahraga” sehingga menjadikan masyarakat sehat dan bugar, serta untuk menggali potensi masyarakat yang berbakat olahraga dari Desa/Kelurahan.

Jadi sebenarnya program ini lanjut Arifin untuk memancing motivasi masyarakat dalam membudayakan olahraga sehingga tumbuh minat untuk mencapai prestasi di bidang olahraga. Adapun peserta dari 6 cabang olahraga yang dipertandingkan terdiri dari siswa SD, SMP, SMA dan masyarakat umum.

“Tanggal 25 April nanti, kami mengundang Kadis Pemuda Olahraga dan Ketua KONI Bulukumba untuk mengikuti rakor nasional untuk membahas persiapan kegiatan ini, termasuk menyepakati regulasi yang dijadikan pedoman penyelenggaraan Gala Desa secara nasional” imbuh mantan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kota Makassar ini.

Disebutkan olehnya, bahwa salah satu pertimbangan dipilihnya Bulukumba adalah karena daerah ini sudah terkenal dengan potensi wisata dan budayanya, yaitu ada Tanjung Bira dan Ammatoa Kajang, sehingga secara tidak langsung potensi daerah ini semakin diperkenalkan secara nasional.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang memimpin rapat sangat mengapresiasi Kemenpora yang menunjuk Bulukumba selaku tuan rumah pembukaan Gala Desa.

“Ini sebuah kehormatan bagi kita, sehingga selaku tuan rumah kita harus melaksanakan acara ini dengan semarak, seluruh desa harus dihadirkan, dan kita akan menampilkan berbagai budaya seni Bulukumba saat pembukaan nantinya. Intinya Bulukumba siap mensukseskan Gala Desa ini” ujar AM Sukri Sappewali.

AM Sukri berpandangan, maraknya narkoba atau perilaku negatif masyarakat oleh karena kurangnya aktifitas atau kegiatan di masyarakat, sehingga dengan adanya kegiatan olahraga Gala Desa ini, masyarakat memiliki kegiatan yang positif yang bisa menyehatkan sekaligus dapat meraih prestasi.

Rapat ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, Sekretaris Daerah A Bau Amal, Ketua KONI Andi Makkasau Krg Lompo, Kadis Pemuda dan Olahraga Andi Hamka, Kadis Pendidikan dan Budaya Januaris, para camat dan kepala desa.(**)