Toraja Utara Pamerkan Hasil Kerajinan dan Adat Budaya di Cinta Budaya se-SulSel

18 April 2017 12:25
Parang khas toraja salah satu hasil kerajinan dan budaya adat Toraja. (foto:ist)

MAKASSAR, INIKATA.com – Kabupaten Toraja Utara salah satu kabupaten yang mengikuti pertemuan Kader PKK dan Gebyar Kriya, Karya dan Cinta Budaya Se-Sulawesi Selatan di Ball Room Hotel Sheraton, Kota Makassar, Senin (17/4/2017) malam.

Dalam Acara tersebut terdapat 70 stand pameran yang berasal dari setiap Kabupaten/ Daaerah di Sulawesi Selatan. Di stand Toraja Utara sendiri memamerkan dan menjual hasil kerajinan dan budaya adat Toraja .

Adapun Yang dipamerkan dan dijual hasil kerajinan dan budaya adat Toraja seperti Parang khas toraja, Baju adat Toraja, Kain Tenun dan Sarung Toraja, Miniatur Rumah Tongkonan, Gantungan kunci, kalung yang bermotif toraja, tikar anyaman (ale’), dan hasil panen seperti Lombok katokkon, beras lokal (pare bau), lombok lokal (lada barra), kopi toraja, dan masih banyak lagi.

Acara tersebut juga didukung oleh Pemda Provinsi Sulawesi Selatan dan di sponsori oleh PT. OASIS serta BUMN. Tujuan acara ini selain mempererat hubungan PKK, ialah mengenalkan budaya dan hasil alam ciri khas dari setiap kabupaten. Selain terdapat stand pameran, kegiatan PKK adalah lomba Nada dan Gaya. Acara ini dilakukan selama 3 hari, dari tanggal 17-20 april 2017.

ibu Gubernur Sulsel Ayunsri Harahap Syahrul Yasin limpo sekaligus sebagai Ketua TP PKK Provinsi Sulsel mengapresiasi atas minat dan semangat PKK dari semua Kabupaten di Sulsel. Dasar pelaksanaan SK TP PKK Provinsi Sulsel no 1/kep/Pkk tanggal 15 maret 2017.

” Tema tahun ini adalah membangun keluarga yang sejahtera, aman, maju, dan majemuk , dengan tujuan pertemuan adalah mensinerjikan antara TP PKK dan Dekranasda dalam mendukung program kerja pemerintah Sulsel dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga, terlebih meningkatkan SDM, mampu menggali,mengembangkan, dan membina industri kreatif untuk terus melakukan inovasi,” kata Ayunsri Harahap Syahrul Yasin limpo.

Ia juga menambahkan, agar mampu bersaing dan meningkatkan nilai tambahan produk sehingga memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

” Sejalan dengan visi misi TP PKK Toraja Utara adalah mekar untuk sejahtera, oleh sebab itu TP PKK dalam pelaksanaan programnya, selalu bekerja sama dengan OPD terkait dalam membangun keluarga yang sejahtera,” tambahnya.

Pertemuan Kader PKK dan Gebyar Kriya,Karya, dan Cinta Budaya se-Sulawesi Selatan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan, H.Syahrul Yasin Limpo bersama Ibu Ayunsri syahrul yasin limpo.(**)