Ketua PGRI Jeneponto: Pelaksanaan UAS Dan UN Diadakan Pengawas Silang

17 April 2017 20:53
Ketua PGRI Jeneponto, Haeruddin Situru,

JENEPONTO, INIKATA.com – untuk tahun 2017 ini, pelaksanaan ujian akhir nasional (UAS) dan ujian nasional (UN) di Kabupaten Jeneponto diadakan pengawas silang.

Menurut Ketua PGRI Haeruddin Situru bahwa ini sesuai petunjuk kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Jeneponto, Nur Alam Basyir.

“Diadakannya pengawas silang tujuannya dalam rangka menjaga kwalitas pendidikan, integritas dalam ujian, dan hal-hal bagaimana cara meningkatkan kwalitas pendidikan di Kabupaten Jeneponto,” ungkap Ketua PGRI Jeneponto, Haeruddin Situru, senin (17/4/2017).

Selain itu, kata Haeruddin Situru bahwa tujuan utamanya adalah untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang dilakukan pihak sekolah, misalnya membantu siswa dalam ujian.

“Pengawas silang artinya siswa di sekolah A diawasi oleh sekolah B, atau sekolah C dan seterusnya. Maksudnya, diawasi oleh guru sekolah B. Gurunya yang disilang, baku tukar untuk tahun ini. Sebelumnya, pelaksanaan ujian sekolah itu tidak pernah diadakan penyilangan,” tegas Haeruddin Situru yang juga Kepada sekolah SMP Negeri 1 Arungkeke Jeneponto.

Lanjut Haeruddin Situru mengatakan, Kami selaku pengurus PGRI Kabupaten Jeneponto sangat mengapresiasi dengan apa yang dilaksanakan kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan adanya pengawasan silang.ini terobosan baru, sejak adanya UAS di SMP ini pertama kalinya diadakan pengawasan silang.(**)