Makassar Command Centre Langkah Meminimalisir Premanisme

12 April 2017 21:14
Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Drs .M. Tito Karnavian, M.A.,Ph.D melaunching Command Centre di Makopolrestabes Makassar, Rabu (12/4/2017).(azhari/inikata)

MAKASSAR, INIKATA.com – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Drs .M. Tito Karnavian, M.A.,Ph.D melaunching Command Centre di Makopolrestabes Makassar, Rabu (12/4/2017).

Kapolri hadir bersama Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafly Ahmad didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, Gubernur Sulawesi Selatan H. Syahrul Yasin Limpo dan Walikota Makassar Ramdhan “Dhany” Pomanto beserta para perwira tinggi Polrestabes Makassar dan Kapolres se-Sulawesi Selatan.

” Kita launching Command Centre yang mengintegrasikan antara pemda, kepolisian dengan sejumlah instansi terkait, dimana masyarakat bisa mendonwload aplikasi, kemudian petugas juga mendonwload aplikasi ketika membutuhkan bantuan, keamanan dan lain lain bahkan bisa cepat datang ke lokasi,” kata Jenderal Pol Tito Karnavian.

Tito di makassar 2Ia menambahkan, masyarakat juga bisa melaporkan peristiwa- peristiwa yang terjadi real team dan aparat bisa secepatnya datang ke lokasi dan merespon.

” Jadi masyarakat bisa melaporkan peristiwa yang terjadi dan aparat langsung secepatnya ke lokasi dan cepat merespon dan memberi bantuan,” tambahnya.

Kata Jenderal Tito, adapun CCTV yang terpasang di Kota Makassar sebanyak 300 titik dan rencananya akan dikembangkan sampai 3000.

” Ini baru 300 titik saja sudah luar biasa sekali saya liat dan saya sudah mutar ke seluruh kota besar di Indonesia baru kali ini hanya di Makassar saya melihat ada sistem CCTV yang sangat konfrensif, dan bukan hanya itu bahkan ada peraturan walikota yang mewajibkan untuk memilih bangunan bangunan difungsikan jadi ruang publik seperti mall, hotel wajib untuk dipasang CCTV dan diconect ke sistem pemda,” katanya.

Lanjutnya, ini sangat luar biasa dan nantinya kota Makassar akan memiliki sistem keamanan digital dan akan memberikan layanan yang lebih baik ke masyarakat dan akan dapat memantau situasi yang lebih baik tentang kegiatan masyarakat.

” Jadi peristiwa dan kegiatan masyarakat bisa dipantau lewat CCTV yang berada di titik di seluruh kota Makassar dan saya ucapkan apresiasi yang paling tinggi kepada bapak Gubernur lebih khusus bapak Walikota makassar dan saya sangat berharap semoga Kota Makassar ini menjadi contoh untuk kota lainnya,”harapnya.(**)